Sekilas Info

HARI JADI TERNATE

Lomba Menu Ikan Tuna Digelar untuk Dorong Hasil Olahan Ikan di Maluku Utara

satumalukuID –  Sebanyak 19 Chef restoran dan hotel di Ternate, Maluku Utara, berpartisipasi dalam lomba menu ikan tuna yang dilaksanaka dalam rangka memperingati Hari Jadi Ternate (HJT) ke-769. Setidaknya, ada 51 menu hasil olahan makanan ikan tuna yang dilombakan.

"Dalam festival ini merupakan ajang promosi ikan tuna, karena bertepatan adanya kunjungan pemerintah Spanyol dan Portugis di Ternate selama lima hari nanti, maka promosi ikan tuna dan wisata di Ternate terus digalakkan," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, Senin (9/12/2019).

Dia menyatakan, ikan tuna memiliki harga sangat tinggi di pasar nasional maupun internasional. Dengan demikian, jika dikembangkan secara professional akan memberi nilai tambah bagi nelayan di Maluku Utara.

Kepala Dinas Parawisata Kota Ternate, Samin Marsaoly mengakui, salah satu tujuan panggelar Festival Tuna adalah perkenalkan kekayaan alam Malut, khususnya Kota Ternate, buktinya, ada 19 chief membuat 51 menu masakan dari ikan tuna.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong hasil olahan tuna, ajang ini juga diharapkan bisa mendorong dan melahirkan forum besar untuk chief Kota Ternate, sehingga bisa berkiprah di ajang nasional bahkan internasional.

"Tentunya, festival memiliki pengaruh besar baik dari segi ekonomi maupun promosi, agar bisa memberikan dampak besar bagi ekonomi masyarakat Kota Ternate," katanya.

Dalam Festival ikan tuna ini, panitia HJT Kota Ternate memberi kesempatan ke warga di kawasan Landmark dapat menikmati hidangan ikan tuna segar secara gratis.

Selain Festival Ikan Tuna, Pemkot Ternate juga menggelar Festival Kora-Kora sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dalam momentum memeriahkan puncak HJT ke - 769.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!