Sekilas Info

PERSELISIHAN KURSI DPRD

Mediasi ke-2 Robby Gaspers Vs Johny Lewerisa di PN Jaksel Gagal, Hakim Putuskan Sidang Lanjut Januari 2020‎

satumalukuID - Sidang perkara perselisihan hasil pemilihan legislati DPRD Maluku daerah pemilihan Kota Ambon, antara dua kader Partai Gerindra yakni Robby Gaspers (penggugat) dan Johny Lewerisa (tergugat I), Mahkamah Partai Gerindra (tergugat II) dan DPP Partai Gerindra (tergugat III) yang memasuki tahap mediasi ke dua kalinya di PN Jakarta Selatan akhirnya gagal mendapatkan kesepakatan, Rabu (4/12/2019).

Kedua belah pihak tetap berpegang teguh pada prinsip masing-masing, baik kubu  Robby sebagai penggugat maupun Johny sebagai tergugat I.

Robby yang dihubungi melalui saluran telepon selulernya, Kamis (5/12/2019) mengakui mediasi kedua kalinya ini gagal, akhirnya hakim mediator  Arliand Triyogo SH MH memutuskan untuk melanjutkan masuk sidang berikutnya untuk pemeriksaan pokok perkara.

"Iya mediasi gagal. Maka dilanjutkan masuk ke pokok perkara  sampai tahap pembuktian selanjutnya yang  dijadwalkan sidang berikut pada 15 Januari 2020," ungkap Robby.

Namun demikian, ia mengatakan,  pada saat itu pengacaranya Erick S. Paat SH MH dkk sempat menanyakan soal jadwal sidang yang ditetapkan sampai 15 Januari 2020, karena di minggu depan bulan ini waktu sudah sangat singkat, tuturnya.

Dijelaskan saat sidang mediasi kedua ini, tergugat Johny Lewerisa tidak hadir. Namun dijelaskan oleh kuasa hukumnya Zulham Efendy SH bahwa klien nya itu tidak hadir lantaran sedang berada di Ambon memenuhi panggilan ‎Ditkrimun Polda Maluku, yang mana hal tersebut juga merupakan laporan pencemaran nama baik oleh Robby Gaspers.

Dalam sidang tersebut, turut hadir kuasa hukum tergugat 2 dan 3, perwakilan KPU RI dan perwakilan KPU Maluku yang diwakili oleh Almudatzir Sangaji SH.

Sebagaimana diketahui, Robby Gaspers yang telah dinyatakan sebagai anggota legislatif terpilih oleh KPU Maluku maupun KPU RI serta juga menang di sidang Mahkamah Konstitusi (MK), namun dinyatakan kalah di sidang Mahkamah Partai Gerindra yang memenangkan Johny Lewerisa.

Akibat dari persoalan tersebut, Robby Gaspers dipending pelantikannya sebagai anggota DPRD Maluku periode 2019-2024 oleh Menteri Dalam Negeri. Saat itu Robby bersama satu calon terpilih lainnya dari PDIP batal dilantik.  (SM-05)

Penulis: sm-05
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!