Sekilas Info

PEREMPUAN KABARESI

Alvin Tehupeiory, Satu-satunya Sprinter asal Maluku di Arena Sea Games Manila

FOTO: ANTARA Alvin Tehupeiory, sprinter Maluku saat memenangkan nomor 100 meter putri di ajang Kejurnas Atletik 2019 di Stadion Pakansari Bogor, Agustus 2019 lalu.

satumalukuID – Ajang Sea Games Manila masih sementara berlangsung. Pada cabang atletik, ada satu perempuan asal Maluku yang ikut mempertaruhkan nama Indonesia di ajang tersebut. Dia adalah Alvin Tehupeiory.

Alvin berlaga di Sea Games Manila dengan modal Juara pada Kejurnas Atletik 2019 di nomor 100 dan 200 meter putri, di Stadion Pakansari, Bogor, Agustus lalu. Saat itu, selain meraih emas di nomor 100 meter, Nona Ambon asal Negeri Hutumuri ini berhasil memecahkan rekor nasional 200 meter putri milik seniornya yang juga asal Maluku, Irene Truitje Joseph.

Kemenangannya saat itu makin menegaskan reputasi anak-anak Maluku yang selalu menjadi juara di nomor sprint puteri di Indonesia. Dimulai dari era Carolina Rieuwpassa, Emma Tahapary, Henny Maspaitella, Irene Truitje Joseph, Viera Hetharie, hingga sekarang ini Alvin Tehupeiory.

Mereka berkali-kali memecahkan rekor atas nama sendiri, sebelum akhirnya dipecahkan atlit lain yang juga berasal dari Maluku setelah penantian yang cukup lama.

Dari berbagai hasil wawancara Manajer maupun tim official Atletik Indonesia, harapan medali emas memang tidak ditumpukan pada perempuan Ambon dengan tinggi badan 169 cm itu. Namun, bukan tidak mungkin Alvin mencetak emas di ajang ini kendati nomor sprint belum lama dia geluti.

Seperti diketahui, Alvin Tehupeiory lahir di Kota Ambon, 5 April 1995. Dia merupakan salah satu atlet kebanggaan prajurit Korps Wanita TNI AD (Kowad) Kodam XVI/Pattimura yang memiliki spesialisasi di nomor lari gawang 400 meter putri.

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga