Sekilas Info

INSPIRASI

Agustinus ML Batlajery; Pendeta Profesor Pertama Bidang Teologi UKIM dan Gereja Protestan Maluku

Pendeta Prof. DR Agustinus Marthinus Luther Batlajery, Ph.D

satumalukuID – Prestasi membanggakan dicatat Pendeta Profesor DR Agustinus Marthinus Luther Batlajery, Ph.D. Dia meciptakan sejarah hidupnya sebagai Profesor pertama yang dihasilkan Fakultas Teologi Unversitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM). Dia juga menjadi profesor pertama bidang teologi pada Gereja Protestan Maluku (GPM).

Pengukuhan professor kelahiran Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, itu dilaksanakan pada Rapat Senat Terbuka di aula UKIM pada Senin (2/12/2019) lalu.

“Baru pertama kali UKIM memiliki guru besar yang berasal dari swasta, dan ini merupakan salah satu kebanggaan untuk UKIM,” kata Rektor UKIM Jafet Damamain.

Menurut Rektor UKIM, Profesor Agus merupakan salah satu contoh kepada seluruh dosen yang ada di UKIM untuk bisa meningkatkan jabatan akademik mereka.

Dengan adanya guru besar, lanjutnya, dapat meningkatkan pendidikan di UKIM. Oleh karena itu, setiap dosen yang menjadi guru besar  harus dapat menyalurkan ilmu-ilmu mereka kepada mahasiswa.

“Berbaktilah kepada negeri, gereja dan juga pendidikan. Agar setiap ilmu yang didapatkan bisa diberikan kepada mahasiswa,” pesan Rektor.

Lantas siapa Pdt Prof Agustinus M.L. Batlajery, Ph.D? Dia adalah pendeta Gereja Protestan Maluku dan dosen Fakultas Teologi UKIM Ambon sejak tahun 1986.

Mengawali Pendidikan dasar dan menengah di Kepulauan Tanimbar, Prof Agus melanjutkan studi Pendidikan menengah atas di SMA Kristen Ambon.

Tahun 1977, ayah tiga anak ini melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Theologia GPM Ambon dan lulus tahun 1981 menyandang gelar Sarjana Muda Theologia (Sm.Th.). Lantas, dia melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan tamat tahun 1983 menyandang gelar Sarjana Theologia (S.Th.).

Kembali dari studi di Jakarta, pria berdarah Tanimbar ini melaksanakan program vikaris pada Gereja Protestan Maluku Jemaat GPM Ternate tahun 1984 hingga 1985. Usia vikaris, dia ditahbiskan sebagai Pendeta GPM tahun 1986 dan diangkat sebagai Dosen Tetap Fakultas Teologi UKIM tahun 1986 - sekarang.

Tahun 1990, Agus kembali melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta 1990-1992, dan menyandang memperoleh gelar Magister Theologie (M.Th.). Kemudian gelar Doktor Teologi dia peroleh dari lembaga pendidikan yang sama setelah menempuh studi dari tahun 1998 – 2002.

Tak berhenti di situ, pendidikan suami Sri Eny Setyowati, SKM.,M.Kes. ini meneruskan Pendidikan di Faculty of Theology the Free University Amsterdam  2004-2010,  dan meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.).

Sebelum bertugas di bidang Pendidikan, dia sempat melaksanakan program vikaris pada Gereja Protestan Maluku Jemaat GPM Ternate 1984-1985. Kemudian ditahbiskan sebagai Pendeta GPM tahun 1986 dan diangkat sebagai Dosen Tetap Fakultas Teologi UKIM tahun 1986 hingga sekarang.

Karier utamanya di bidang pendidikan telah dibuktikan dengan menduduki berbagai jabatan mulai dari Ketua Jurusan, Pembantu Dekan, Pembantu Rektor sampai menjadi Rektor UKIM periode 2009-2013. Bahkan pernah diberikan penghargaan sebagai dosen teladan Nasional pada tahun 1993.

Di samping kiprah utama di bidang pendidikan ia mengabdikan diri di lingkungan gereja baik Gereja Protestan Maluku sebagai penulis tetap materi pembinaan warga gereja, maupun di Gereja Protestan di Indonesia (GPI). Ia diangkat sebagai Ketua I Badan Pelaksana Harian Majelis Sinode Am GPI (BPHMSA GPI) sejak tahun 2005 sampai sekarang. *

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga