Sekilas Info

LIGA III PSSI

Bermodal Dana Swadaya Warga, PS Hatusela Mamala Main di Tidore Nyaris Singkirkan Persiter Ternate

Tim sepakbola PS Hatusela Mamala (baju merah) nyaris mempecundangi Persiter Ternate saat tampil di Stadion Marimoi, Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (30/11/2019).

satumalukuID – Tim sepakbola PS Hatusela Mamala nyaris mempecundangi Persiter Ternate saat tampil di Stadion Marimoi, Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (30/11/2019). Skor 2-2 yang bisa meloloskan PS Hatusela Mamala, akhirnya berbalik pada menit ke-93 ketika Persiter Ternate menambah gol dan merubah skor menjadi 3-2.

PS Hatusela Mamala dan Persiter Ternate memainkan pertandingan kedua untuk meraih tiket lolos ke babak 16 besar Liga III PSSI. Pada pertandingan zona Maluku-Maluku Utara kali ini Persiter Ternate menjadi tuan rumah. Sebelumnya saat PS Hatusela Mamala menjadi tuan rumah di Ambon skor berakhir imbang 1-1.

Pertandingan yang disaksikan ribuan warga Ternate dan Tidore Kepulauan itu, penyerang Persiter Ternate Dedi Usman membuka kemenangan 1-0 di menit 19 melalui tendangan dari kiri pertahanan Hatusela Mamala.

Tak lama kemudian, PS Hatusela Mamala melalui tendangan pemain dengan nomor punggung 19, Abdan Lilisula mampu menyamakan kedudukan 1-1. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama skor tetap imbang.

Pada awal babak kedua, melalui kerjasama di lini depan, Dedi Usman menyorongkan umpan ke depan gawang lawan, mampu dimanfaatkan Julkifli Makahenggeng dengan mencetak gol di sudut kanan penjaga gawang Jainuddin Malawat. Jadilah Persiter Ternate unggul 2-1.

Tak berapa lama, PS Hatusela Mamala berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan kelengahan pemain belakang tuan rumah. Tendangan bebas Muhammad Buyung Lessy di menit 70 tidak mampu dibendung kiper Persiter, sehingga mengubah skor menjadi 2-2.

Skor imbang 2-2 ini, membuat Persiter meningkatkan serangan ke gawang lawan, namun mampu dihalau pemain belakang yang sangat rapi menjaga pertahanannya.

Tetapi, pada injury time tepatnya menit 93, melalui tendangan sudut, pemain belakang Persiter Riswan Lauhin mampu menyundul bola ke gawang Hatusela Mamala dan mengubah skor menjadi 3-2.

Kemenangan Persiter Ternate di Stadion Marimoi Tidore Kepulauan ini, sekaligus mengantarkan tim yang berdiri tahun 1958 ini lolos pe fase 16 besar Liga III Indonesia.

Pelatih Hatusela Mamala, Zulkifli Malawat mengakui keunggulan tuan rumah Persiter Ternate, karena selain mendapat dukungan penonton, juga dipengaruhi kondisi kesehatan pemain yang sangat drop.

"Kami hadir dalam turnamen resmi PSSI ini hanya ingin tunjukkan bahwa kami siap berprestasi melalui dukungan bantuan dana dari masyarakat Mamala, meskipun tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah," kata Zulkifli.

Penulis: M-15/Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga