Sekilas Info

AMBON CITY OF MUSIC

Provinsi Maluku Raih Juara Umum Pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional Ke-24 Tahun 2019

Ketua DPW Lasqi Maluku Widya Murad Ismail (kanan) menerima Trophy Juara Umum Pemilihan Duta Qasidah Maluku ke-24 Tahun 2019, disaksikan Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler.

satumalukuID - Provinsi Maluku meraih juara umum pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional ke-24 Tahun 2019.

Penetapan juara disampaikan pengurus DPP Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) saat penutupan pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional ke XXIV Tahun 2019 di kota Ambon, Jumat malam (29/11/2019).

Provinsi Maluku meraih juara umum dengan mengumpulkan nilai 66 dan menyabet juara di sejumlah kategori.

Kategori yang yang diraih diantaranya juara I bintang vokalis anak-anak putri, bintang vokalis remaja putri, bintang vokalis dewasa putri, kategori kolaborasi dan kontemporer.

Penetapan juara melalui hasil sidang rapat mejelis hakim setiap cabang yang dilaksanakan pada 29 November 2019 di kota Ambon.

Ketua DPP Lasqi Tarmizi Tohor mengatakan, keseluruhan pelaksanaan duta qasidah diikuti 600 peserta kafilah dari 27 provinsi di Indonesia.

"Secara umum kegiatan ini berlangsung baik dan capaian festival ini merupakan yang terbesar dalam sejarah pemilihan duta qasidah yang berlangsung selama ini," katanya saat penutupan.

Hal ini mengindikasikan Ambon berada di hati Lasqi, Ambon memiliki medan magnet yang sangat luar biasa, pantaslah UNESCO menganugerahkan Ambon sebagai kota musik dunia.

"Secara umum kualitas peserta mengalami peningkatan dibandingkan perhelatan tahun sebelumnya dengan festival skala yang sama," ujarnya.

Capaian ini katanya, menjadi prestasi yang membanggakan dan mengindikasikan pembinaan seni qasidah semakin baik. Pastilah ini bentuk manifestasi nyata kinerja ikhlas dan cerdas dari seluruh pengurus Lasqi di Indonesia.

"Berbagai kelemahan dan kekurangan kita rasakan, tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat dalam festival ini. Terimakasih Ambon, Maluku, tetap dalam kenangan yang akan tetap kami sebut di perhelatan festival," katanya.

Ketua DPW Lasqi Maluku Widya Murad Ismail memberi apresiasi yang tinggi kepada pengurus DPP, DPW Lasqi dan kontingen se Indonesia yang telah mengambil bagian di festival ini.

"Saya juga menyampaikan selamat atas kemenangan yang diraih provinsi Maluku, dan bagi peserta lainnya yang belum berhasil jangan berkecil hati, terus berlatih dan mengasah bakat," katanya.

Kontingen Maluku unggul atas provinsi Banten meraih juara dengan nilai 59, juara III kontingen Sumatera Barat dengan nilai 30, Sulawesi Tenggara dengan nilai 26 dan Lampung dengan nilai 23, serta kontingen Jawa Timur dengan nilai 21.

Baca Juga