Sekilas Info

MUSIK MELANESIA

Musisi Timor Leste dan Ambon Diajak Kolaborasi dalam Penelitian Musik Tradisional Pasifik

Foto: Aldi Josua Hetharia Milenial Kota Ambon selalu bangga membawakan musik tradisional dalam setiap event yang digelar di Kota Ambon yang baru saja ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia oleh Unesco..

satumalukuID - Musisi Timor Leste Kiara Zen mengajak musisi kota Ambon melakukan kolaborasi dan penelitian musik tradisional pasifik. Musik Timor Leste dan Indonesia bagian timur memiliki banyak kesamaan yakni aransemen musik bahkan jenis alat musik seperti suling bambu.

"Saya tertarik dengan konsep musik pasifik, karena saat ini belum tersentuh, sehingga berfikir jika ada  kesempatan, ruang dan waktu kita bisa berkolaborasi, " kata musisi Timor Leste, Kiran Zan yang menghadiri Konferensi Musik Pasifik di Ambon, Jumat (29/11/2019).

Kolaborasi katanya, dilakukan dengan Rence Alfons pemimpin molucca Bambowind  orchestra (MBO) yang telah membuat penelitan tentang ferekuansi suara suling, proses produksi suling berkualitas yang dapat menghasilkana nada yang tepat.

"Di Timor Leste belum ada penelitian seperti itu sehingga kita mau kolaborasi khususnya proyek alat musik tradisional suling bambu," katanya.

Jika dimungkinkan juga anak muda Timor Leste bisa belajar di Ambon khususnya kolaborasi musik hip hop dipadukan dengan musik tradisonal.

Saat ini kata Kiara, tantangan terbesar yang dihadapai adalah merakyatkan musik tradisonal di kalangan anak muda.

Anak muda di Timor Leste tidak ada ketertarikan untuk belajar musik  tradisional karena dianggap sebagai musik kampung, terbelakang. Hal ini tentu menjadi tantangan terbesar.

"Kegiatan KMP saya coba tawarkan  bagaimana kita mencoba mengawinkan musik tradisional dengan musik modern, agar anak muda mendapat peran," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, dirubah pola pikir bahwa sebetulnya pemajuan kreasi dapat dimulai dari musik tradisional.

"Jika musik tradisional tidak dipertahankan maka dipastikan kita tidak mempunyai identitas, karena identitas kita berasal dari negara bagian bara. Ini yang coba saya bagikan dalam KMP 2019 ," tandasnya.

Baca Juga