Sekilas Info

TRADISI MASOHI

Satgas Yonif RK 136/TS Bersama Masyarakat Seith Jalankan Tradisi Masohi Bangun Rumah Warga

FOTO: Pendam XVI/Pattimura Personil Satgas Yonif RK 136/TS bersama masyarakat Seith menjalankan Tradisi Masohi bangun rumah warga di Negeri Seith, Pulau Ambon, Kamis (21/11/2019).

satumalukuID – Satuan TNI yang bertugas di Maluku terus menunjukan kemanunggalannya dengan masyarakat di tempat mereka bertugas. Setidaknya, hal ini ditunjukkan personil Pos Seith SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS yang dipimpin Serka Erwin Siregar

Pada Kamis (21/11/2019), prajurit TNI yang bertugas di Negeri Seith, Pulau Ambon, Maluku Tengah bersama masyarakat setempat melaksanakan tradisi masohi membangun rumah warga.

Masohi merupakan budaya khas Maluku yang memiliki arti sebagai kebersamaan dalam pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Tradisi ini sudah dilaksanakan sejak jaman datuk-datuk dan terus terpelihara oleh masyarakat berbagai negeri di Maluku.

Serka Erwin Siregar mengatakan, selain bertujuan membantu kesulitan dan meringankan beban bagi masyarakat, tradisi Masohi atau kegiatan gotong royong seperti ini dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan sekaligus menjalin dan membina hubungan sosial yang baik antar warga bersama personel satgas. Tujuannya agar terjalin rasa kebersamaan antara personil TNI yang bertugas dengan masyarakat setempat.

“Mengingat tradisi tersebut merupakan peninggalan para leluhur yang harus selalu dilestarikan dan dijaga guna mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Maluku”, tandas Erwin.

Pada kesempatan yang sama, Jamal salah satu warga mengungkapkan, warga Negeri Seith sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada personel satgas yang telah berpartisipari membantu dalam kegiatan masohi.

“Kami sangat senang dengan personel pos satgas yang selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, baik dalam kegiatan masohi atau gotong royong maupun lainnya seperti kegiatan ibadah”, katanya.

Di tempat terpisah Bapak H. Sulaiman selaku pejabat Negeri Seith mengatakan harapannya tradisi Masohi yang merupakan peninggalan para leluhur akan terus terjaga.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!