Sekilas Info

KUNKER PANGDAM PATTIMURA

Pangdam Pattimura Kunjungan Kerja ke Maluku Utara, Juga Silaturahim Pemangku Adat Kesultanan Tidore

Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Maluku Utara, Selasa (19/11/2019).

satumalukuID - Panglima Kodam (Pangdam)  XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Maluku Utara (Malut) bersilaturahim ke pemangku Adat Kesultanan Tidore Sowohi Matiti di Kelurahan Gurabunga.

"Selain menemui perangkat Kesultanan Tidore, kunjungan ini melihat prajuritnya dan menampung berbagai kendala yang dihadapi selama bertugas di wilayah Malut," kata Pangdam di Ternate, Selasa.

Pangdam mengunjungi Makodim 1505/Tidore serta memberikan pengarahan kepada Prajurit dan Persit jajaran Kodim 1505/Tidore.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan bahwa seorang Prajurit ditugaskan dimana saja tidak ada bedanya tetap harus menjaga profesionalisme serta manunggal dengan Rakyat terutama Prajurit Teritorial dalam hal ini Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD yang berhubungan langsung masyarakat.

"Namun apabila ada kesempatan manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya karena pendidikan yang paling dasar dan utama adalah pendidikan keluarga yang membentuk mental dan karakter anak kedepannya," katanya.

Pangdam beserta sejumlah Pejabat Utama Kodam XVI/Pattimura tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate dan dijemput oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.Ip, M.M, beserta para Dandim, Kabalak, Danyonif, Dan Satgas, Para Kasi/Pasi Korem 152/Babullah dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 152 Dam XVI/Ptm Ny. Diana Endro Satoto.

Rombongan kemudian bertolak menuju pelabuhan Residen Ternate kemudian melanjutkan perjalanan ke Tidore Kepulauan, rombongan disambut oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina, Kapolres dan Ketua Pengadilan Agama Tidore.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam mengikuti acara tradisi Joko Hale yang dipimpin tetua adat setempat kemudian rombongan menuju Aula Kantor Walikota Tidore guna melaksanakan tatap muka.

Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim menyatakan, Tidore yang merupakan bekas Ibu Kota Irian Barat sekaligus juga basis kekuatan NKRI dalam operasi pembebasan Irian Barat. Situasi dan kondisi Tidore yang sejuk dan tenang akibat sinergitas antara seluruh komponen Forkopimda yang berjalan dengan baik.

Selain itu juga Walikota mengucapkan terimakasih karena dalam penerimaan Prajurit Tidore mendapatkan alokasi sekaligus apabila Kodam berencana membangun daerah latihan di wilayah Tidore Pemerintah Kota siap memberikan bantuan berupa lahan hal tersebut bertujuan agar lebih banyak putra/i Maluku Utara khususnya Tidore yang dapat mengabdi menjadi benteng NKRI.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga