Sekilas Info

PANGAN LOKAL

Anggota DPR asal Maluku Ungkap Problem Pangan di Maluku saat Raker dengan Menteri Pertanian

satumalukuID – Anggota DPR asal Maluku Abdullah Tuasikal mengemukakan berbagai problem pertanian dan pangan di depan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat Rapat Komisi IV DPR bersama SYL di gedung dewan Senin, 18 November.

Persoalan pertanian Maluku yang diaspirasikan Abdullah di antaranya soal problem makanan lokal, singkong, ubi-ubian, jagung, sagu, dan lainnya.

"Saya melihat terkadang Maluku tidak terakomodir dari sejumlah masalah, maka kami inginkan mohon diperhatikan oleh pemerintah lewat kementerian ini. Tentu sejak dulu kala nenek moyang kami pengonsumsi makanan lokal, seperti singkong, ubi-ubian, jagung, sagu dan lain sebagainya. Tolong ini jadi perhatian Mentan," papar Tuasikal yang juga mantan bupati di Maluku dua periode ini.

Masalah ini diungkapkan Tuasikal karena saat ini di Maluku terjadi defisit beras lantaran masyarakat yang dulunya tidak banyak mengonsumsi beras, kini telah berubah.

"Paradigmanya sekarang terbalik. Jika tidak konsumsi nasi, merasa seperti belum makan. Ini jelas perlu regulasi soal pangan di Maluku," ujarnya.

Ia pun menyarankan Mentan membuat satu formulasi bekerja sama dengan pemerintah  provinsi, kabupaten/kota untuk memberdayakan swasembada pangan lokal. Misalnya, dalam seminggu sehari saja gunakan program sehari tidak mengonsumsi nasi.

"Kalau ini berjalan sebulan saja, sudah terhitung empat hari, hal ini mengurangi defisit beras dan menjadikan pasar untuk jualan makanan lokal," tandas Tuasikal.

Penulis: M-5
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!