Sekilas Info

BLOK MASELA

Kontribusi Kehadiran Blok Masela untuk Masyarakat Maluku Dipertanyakan

Perwakilan sejumlah organisasi Maluku saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

satumalukuID – Berbagai organisasi yang mewadahi masyarakat Maluku mempertanyakan serta meminta kepastian seberapa besar kehadiran Blok Masela berkontribusi pada peningkatan ekonomi, kesejahteraan, sumber daya manusia (SDM) dan berbagai sektor lainnya terhadap masyarakat Maluku.

“Kami butuh kepastian untuk kesejahteraan masyarakat Maluku itu apa? Itu yang kami ingin tahu secara transparan dan sejelas mungkin," kata Arnold Thenu, Ketua Umum Forum Masyarakat Maluku usai konferensi pers tentang Blok Masela di Jakarta, Minggu (17/11/2019).

Hadir dalam konferensi pers tersebut, organisasi Formama, Maluku Satu Hati dan Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Maluku di Jakarta.

Arnold menjelaskan, persoalan mega proyek Liquefied Natural Gas (LNG) Blok Masela bukan hanya soal dana participating interest (PI) 10%.  Kalau nilai segitu, masih kecil karena idealnya 15%. “Tetapi tidak sesederhana itu, karena yang kami butuh kepastian tetap untuk kesejahteraan masyarakat Maluku,” timpalnya.

Selain seberapa besar untuk kesejahteraan warga Maluku, Blok Masela berada di wilayah Maluku yang kembali mencuat untuk digarap, harus dapat menyerap tenaga kerja mayoritas dari warga lokal karena SDM-nya sudah siap untuk menyongsong proyek ini.

“Setelah terjadi Polemik RR dan SS, kami minta minimal pekerja Maluku 70% yang kami minta. Kalaupun tidak ada yang signifikan, kami akan mengkaji kembali dan kami akan menentukan sikap politik sebagai anak cucu Maluku yang punya hak di Blok Masela," ujarnya.

Staf Gubernur Maluku 2004-2008, Piet Mustamu menambahkan, SDM Maluku sudah siap di bidang pertambangan, perminyakan, maupun pertambangan. Pasalnya, sebelum didirikan Fakultas Pertambangan di Universitas Patimuara (Unpatti), sudah banyak pelajar yang dikirim untuk menimba ilmu di bidang tersebut di berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

SDM yang sudah dipersiapkan baik yang belajar di berbagai universitas di luar Maluku dan di Unpatti bisa ambil bagian dalam pekerjaan dan pengelolaan Blok Masela. "Ini bisa memberikan untuk menangani Blok Masela," katanya

Sementara itu Ketua Maluku Satu Hati Paulina Reliubun menambahkan, phaknya beserta organisasi Maluku lainnya serta para tokoh Maluku akan melakukan audiensi dengan pihak terkait seperti Kementerian ESDM, SKK Migas serta korporasi yang akan menggarap Blok Masela.

Baca Juga