Sekilas Info

KAPOLDA MALUKU

Selama 3,5 Jam, Kapolda Maluku Tempuh Perjalanan ke Pulau Banda dengan Jet Ski dari Pelabuhan Tulehu

Daniel Leonard Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa melakukan perjalanan laut dari pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) menuju Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah untuk kegiatan kunjungan kerja hanya menggunakan jet ski dan menempuh jarak 133 mil laut dengan waktu 3,5 jam, Kamis (7/11/2019)

satumalukuID - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa melakukan perjalanan laut dari pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) menuju Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah untuk kegiatan kunjungan kerja hanya menggunakan jet ski.

"Jarak tempuh melalui jalur laut dari Pelabuhan Tulehu menuju Pulau Banda ini 133 mil laut dan pak Kapolda berani menempuhnya dengan menggunakan jetski," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat di Ambon, Rabu.

Selain Kapolda Maluku, Karo SDM Kombes Pol Nanang Chadarusman juga menggunakan jet ski menuju pulau yang terkenal memiliki objek wisata sejarah dan penghasil rempah tersebut.

Sedangkan sejumlah pejabat utama polda lainnya yang ikut dalam kunjungan kerja ini menggunakan kapal cepat "Banda Sea" milik Pemda Maluku.

"Perjalanan dari Pelabuhan Tulehu menuju Pulau Banda ini menghabiskan waktu selama kurang lebih 3,5 jam," ujar Kabid Humas.

Sudah tiga kali Kapolda dan PJU melakukan patroli di laut Maluku, dimana pertama kali pada Kamis, (17/10) 2019 Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah menuju kota Ambon.

Kemudian pada Kamis, (24/10) dan hari ini Kamis, (7/11) 2019 kembali melakukan perjalanan laut dari Ambon ke Pulau Banda.

"Sengaja dipilih hari Kamis karena kebetulan sebelumnya beberapa kali gempa di Ambon terjadi pada hari tersebut sehingga beredar hoaks di masyarakat bahwa akan terjadi gempa dan tsunami di Ambon pada hari yang sama, maka salah satu tujuan dipilihnya hari Kamis untuk membuktikan bahwa isu-isu yang beredar tersebut tidak benar dan hari Kamis adalah aman," ujarnya.

Tujuan lain adalah sebagai wujud cinta Polda Maluku kepada alam Maluku yang 93 % luasnya merupakan wilayah laut dan aman untuk dinikmati.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga