Sekilas Info

CATATAN NOVI PINONTOAN

Dirk Soplanit Tak Sangka Terpilih Lagi Anggota Exco PSSI dengan Raih Suara Terbanyak

Dirk Soplanit

NAMA Dirk Soplanit sudah tak asing lagi di kalangan persepakbolaan nasional, khususnya di jajaran lingkungan organisasi federasi yaitu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pasalnya, selain lama menjabat Ketua Asprov PSSI Maluku. Soplanit juga adalah anggota Executive Committe (Exco) PSSI  periode 2016-2019  serta kini masih menjabat Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sepakbola profesional di negeri ini.

Namun demikian, meski memiliki seabrek pengalaman dan posisi. Tetapi Dirk Soplanit sendiri tak menyangka terpilih kembali saat maju lagi dalam pemilihan Exco PSSI periode 2019-2023 yang bersamaan dengan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Selasa (5/11).

Kenapa tak sangka? "Iya tak sangka. Sebab saat pemilihan putaran pertama saya langsung lolos dan meraih suara terbanyak dari puluhan calon. Mengingat persaingan pemilihan Exco PSSI sangat ketat karena turut diikuti politisi terkenal, pengusaha dan calon dari berbagai profesi serta kalangan persepakbolaan nasional lainnya," ungkap Soplanit.

Saat pemilihan, mantan Dirut Bank Maluku dan Maluku Utara ini berhasil meraih suara terbanyak yakni dipilh oleh  ‎62 voters atau pemilik suara dari 12 orang yang terpilih menjadi anggota Exco PSSI periode empat tahun mendatang.

Ia bahkan merebut 62 suara tersebut hanya dalam putaran pertama mengalahkan calon petahana lainnya. Mereka yang lolos menjadi anggota Exco PSSI di putaran pertama adalah Dirk Soplanit 62 suara, Sonhaji 58, Peter Tanuri 52,  Haruna Sumitro 45, AS Sukawijaya 45, Juni Rahman 45, Hasnur 44 dan Endri Erawan 44 suara.

Sedangkan pemilihan putaran kedua untuk mengisi kuota empat kursi anggota Exco tersisa diperoleh hasilnya yaitu  Achmad Ritadh 55, Hasani Abdulgani 49, Vivin Cahyan  47 dan Yunus Nusi 44 suara.

"Jujur saja. Beta seng (tidak) sangka terpilih kembali jadi anggota Exco PSSI dengan meraih suara terbanyak. Sebab, persaingan kali ini untuk mendapatkan suara voters sangat ketat. Apalagi sering diwarnai isu jual beli suara. Makanya ini suatu kejutan buat beta. Prinsip beta hanya jaga relasi, silaturahmi dan jaga hubungan baik. Itu saja yang beta jalanin," beber mantan Ketua Harian PSA Ambon ini kepada media ini melalui telepon selulernya dengan dialek Ambon, Rabu (6/11).

Lebih lanjut Dirk Soplanit menjelaskan, ‎keseluruhan anggota Exco PSSI sebanyak 15 orang terdiri dari Ketua Umum PSSI dan dua  orang Wakil Ketua Umum serta  12 anggota yang dipilih melalui pemilihan yang bersamaan dengan KLB. "Semuanya dipilih dalam Kongres Luar Biasa PSSI itu," ujarnya.

Menurutnya,  Ketum PSSI terpilih yaitu Komjen Pol Mohamad Iriawan atau akrab disebut Iwan Bule serta dua Waketum Cyakni ucu Sumantri dan Iwan Budianto otomatis menjadi anggota Exco. Sedangkan incumbent yang terpilih kembali selain dirinya adalah  Iwan Budianto, A S Sukawijaya (Yoyok Sukawi), Pieter Tanuri, Juni Rahman dan Yunus Nusi.

"Beta apresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang besar dari voters sehingga terpilih lagi dengan suara terbanyak. Ini bukan saja suatu kebanggaan bagi beta sebagai orang Maluku, namun sekaligus tanggungjawab untuk memajukan persepakbolaan nasional," tambah Dirk Soplanit. (novi pinontoan)‎

Penulis:

Baca Juga