Sekilas Info

KASUS NARKOBA

Empat Terdakwa Narkoba yang Tertangkap di Ahuru Ambon Divonis 4 Tahun dan Denda 800 Juta Rupiah

Daniel Leonard Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis penjara selama empat tahun terhadap Novianus Romuty, Christo Erlely, dan Ricky Imblabla, tiga terdakwa kasus kepemilikan narkoba golongan satu bukan tanaman jenis sabu-sabu, Selasa (5/11/2019).

satumalukuID - Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis penjara selama empat tahun terhadap Novianus Romuty, Christo Erlely, dan Ricky Imblabla, tiga terdakwa kasus kepemilikan narkoba golongan satu bukan tanaman jenis sabu-sabu.

"Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar pasal 112 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan menjatuhkan vonis empat tahun penjara," kata Majelis Hakim RA Didi Ismiatun didampingi Christina Tetelepta dan Jimmy Wally selaku hakim anggota di Ambon, Selasa (5/11/2019).

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga menghukum para terdakwa membayar denda sebesar Rp800 juta subsider tiga bulan kurungan.

Adapun hal yang memberatkan terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran serta penggunaan narkoba.

Sedangkan yang meringankan terdakwa bersikap sopan, mengakui perbuatannya, dan belum pernah dihukum.

Putusan majelis hakim juga sama persis dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Ambon Elsye Leonupun yang meminta para terdakwa dihukum penjara selama empat tahun dan denda Rp800 juta subsider enam bulan kurungan.

Atas putusan tersebut, baik JPU maupun ketiga terdakwa melalui penasihat hukumnya, Abner Nuniary menyatakan menerima sehingga keputusan ini dinyatakan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Para terdakwa awalnya ditangkap polisi pada 3 April 2019 sekira pukul 17:00 WIT di kawasan Ahuru, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) karena ada informasi yang bersangkutan membawa narkoba.

Saat penangkapan terdakwa I Novianus Romuty, polisi menemukan barang bukti berupa tiga paket sabu-sabu dan setelah dilakukan pengembangan pemeriksaan maka ditemukan nama dua terdakwa lainnya dan langsung diringkus saat itu juga.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga