Sekilas Info

PEMILIHAN MAJELIS JEMAAT

761 Jemaat GPM dari 34 Klasis Memilih Majelis Jemaat di Maluku dan Maluku Utara 

Foto: Novi Pinontoan Warga Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) antusias menggunakan hak pilih untuk memilih Majelis Jemaat, Senin (4/11/2019).

HARI INI, Senin 4 November 2019, sebanyak 761 Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) yang berada di wilayah pelayanan 34 Klasis di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, secara serentak melakukan pemilihan majelis jemaat periode 2020-2025.

Sekretaris Umum Badan Pekerja Harian (BPH) Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella STh yang dihubungi media ini Senin (4/11), mengatakan, jumlah total kepala keluaga  (KK) di lingkungan Sinode GPM sesuai data manual tahun 2018 adalah sebanyak 131.486 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 575.405 yang berada di 34 Klasis total jumlah jemaat gereja 761.

"Jadi, dari 572.405 jiwa tersebut, sekitar 80 persen nya adalah warga jemaat yang sudah mengikuti peneguhan Sidi.  Sehingga merekalah yang berhak memilih dan dipilih dalam proses demokrasi pemilihan majelis jemaat di lingkungan GPM di Provinsi Maluku dan Maluku Utara," ungkapnya.

Sementara itu, data lain yang dihimpun khususnya pada Klasis GPM Kota Ambon terdapat 20 jemaat gereja. Dimana dari jumlah itu akan dipilih 734 majelis jemaat.

Pantauan lapangan saat proses pemilihan majelis jemaat di Jemaat GPM Silo Klasis Kota Ambon, warga jemaat sudah berdatangan ke lokasi pemilihan yang terletak di Gedung Serba Guna gereja tersebut. Dimana disediakan 20 bilik suara bagi jemaat mencontreng pilihannya setelah mendaftarkan diri pada panitia pemilihan.

Ketua Majelis Jemaat GPM Silo, Pdt Jan Matatula yang ditemui  di lokasi pemilihan mengungkapkan, majelis jemaat yang dipilih di gereja Silo sebanyak 56 orang yakni 28 penatua dan 28 diaken.

"Majelis jemaat yang dipilih seluruhnya 56 orang. Terbagi atas 28 penatua dan 28 diaken. Mereka dipilih oleh warga jemaat yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 1.9‎65 orang," jelas Matatula.

Dari pantauan lainnya di beberapa gereja di seputaran pusat Kota Ambon, seperti Bethania, Rehoboth, Bethel dan lainnya, warga jemaat sejak pagi berbondong-bondong memenuhi lokasi pemilihan pada gereja nya masing-masing.

Para karyawan swasta, bank dan ASN juga terlihat meminta ijin dan mendatangi lokasi pemilihan dengan pakaian seragamnya. Pemilihan dijadwal sampai pukul 16.00 WIT!. (novi pinontoan)

Penulis: Novi Pinontoan
Editor:Redaksi

Baca Juga