Sekilas Info

KORBAN GEMPA AMBON

Saat Musibah, Vincent Siswa SMP Kalam Kudus Baru Pulang Sekolah dan Mau Ambil Kunci Rumah di Ruko

Daniel Leonard Jenasah Vincent Jonathan Ananto (13) saat berada di RSAL Lantamal IX, Halong, Ambon.

satumalukuID - Vincent Jonathan Ananto (13), siswa SMP Kalam Kudus Ambon, yang meninggal akibat tertimpa reruntuhan dari bangunan Ruko di Passo pada Kamis (10/10/2019), baru saja pulang sekolah dan bermaksud mengambil kunci rumah di ruko tempa usaha orang tuanya itu. Rumah Vincent adalah di Kompleks Perumahan Citraland, Lateri Ambon.

Proses bencana yang menimpa Vincent diungkap polisi, Jumat (11/10/2019) setelah meminta keterangan dari saksi Marlon Ririhena (31) yang juga sopir keluarga korban.

"Vincent Jonathan Ananto meninggal dunia saat terjadi gempa bumi tektonik susulan pada Kamis (10/10) siang kemarin, ketika hendak mengambil kunci rumah di dalam toko," ungkap Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Julkisno Kaisupy di Ambon, Jumat.

Menurut dia, saksi menjelaskan kalau pada Kamis (10/10/2019) menjemput korban bersama ponakannya Kevin Ananto di SMP Kalam Kudus Ambon usai guncangan gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2.

Kemudian saksi memacu kendaraannya menuju Toko Buyung Hoki di Desa Passo, Kecamatan Baguala (Kota Ambon) untuk mengambil kunci rumah. Setelah tiba di depan toko, korban turun dari mobil dan tiba-tiba terjadi lagi guncangan gempa susulan yang kuat sehingga bangunan toko bagian atas runtuh sebanyak dua kali dan menindih korban pada bagian kepala sehingga dia terjatuh.

"Setelah korban terjatuh, beberapa saat kemudian saksi langsung membawa korban menuju ke RS Lantamal IX Halong Ambon, namun nyawa korban tidak tertolong" kata Julkisno.

Dokter Wijaya dari RS Lantamal IX Halong yang menangani korban menjelaskan korban dievakuasi ke RS pada pukul 15:00 WIT tetapi diduga sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Vincent yang masih mengenakan seragam sekolah itu mengalami luka patah kaki kanan dan kepala bagian depan akibat terbentur benda keras.

"Dia bukan meloncat dari lantai II bangunan Toko Buyung Hoki tetapi saat gempa memang sudah berada di lantai bawah dan tertimpa material yang runtuh akibat guncangan gempa," kata dr. Wijaya.

Baca Juga