Sekilas Info

DPD RI

Senator Maluku Nono Sampono Jabat Wakil Ketua DPD, Kalah Suara dari La Nyala Matalitti

ANTARA/Abdu Faisal Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah sementara, Jialyka Maharani memasukkan surat suara ke kotak suara untuk memilih ketua DPD periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019).

satumalukuID - Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Maluku Nono Sampono terpilih menjadi Wakil Ketua DPD periode 2019 - 2024. Dalam proses pemilihan Ketua DPD, Nono Sampono kalah suara dari Senator Jawa Timur La Nyalla Mattalitti.

Dalam proses pemilihan, selain Nono Sampono dan La Nyala Matalitti, juga bersaing Senator asal Kalimantan Timur Mahyudin, dan Senator Bengkulu Sultan Bachtiar. Tercatat 131 surat suara yang sah dan satu suara abstain di papan penghitungan suara.

Dari hasil perhitungan suara, ternyata Nono Sampono meraih 40 suara, unggul dibanding Senator Mahyudin dengan 28 suara, dan Senator Sultan Bachtiar dengan 18 suara. Namun jumlah suara yang dikumpulkan Nono, masih berada di bawah La Nyala Matalitti yang meraih  47 suara.

Pemilihan pimpinan DPD dilaksanakan melalui tahapan berjenjang. Awalnya dimulai dari  rapat yang digelar di Nusantara V, Kompleks Parlemen, Selasa (1/10) tersebut memutuskan empat nama Ketua Subwilayah DPD RI periode 2019-2024 melalui proses voting.

Hasilnya, Sultan Bachtiar memperoleh 22 dukungan suara peserta rapat Sub Wilayah Barat I. Ia mengungguli Leonardy Harmaini yang mendapat 12 suara.

Sementara La Nyalla Mataliti yang terpilih secara aklamasi di rapat Sub Wilayah Barat II. La Nyalla adalah orang baru di DPD RI. Kemudian Mahyudin dengan dukungan 26 suara anggota rapat Sub Wilayah Timur I, mengalahkan Awang Ferdian yang mendapat 8 suara.

Terakhir, Nono Sampoeno terpilih secara aklamasi dari rapat Sub Wilayah Timur II. Nono adalah Wakil Ketua DPD RI di periode sebelumnya dan orang lama sebagai petahana.

Baca Juga

error: Content is protected !!