Sekilas Info

PERKARA KORUPSI

Kasus Beras dan Perjalanan Dinas Bupati Tanimbar Dihentikan, Proyek Taman Kota Naik ke Penyidikan

satumalukuID - Kajati Maluku, Triyono Haryanto menegaskan, dua dari tiga laporan kasus dugaan korupsi di lingkup Pemerintah Kabupatan  Kepulauan Tanimbar (KKT)  oleh DPRD setempat tidak terbukti sehingga telah dihentikan proses pemeriksaannya.

"Baik laporan menyangkut masalah beras maupun soal perjalanan dinas tidak masalah, dan semua bergerak sesuai mekanisme,  di mana harus didukung keterangan ahli, kemudian ada niat dari pelaku untuk korupsi (Mens Rea), tetapi kalau tidak ada maka jangan berharap perkara itu berjalan," kata Kajati di Ambon, Selasa.

Untuk kasus perjalanan dinas ini berdasarkan keterangan jaksa penyelidik maupun dari BPKP RI Perwakilan Provinsi Maluku, ada yang boarding pas hilang, ada yang perjalanan Bupati  KKT, Petrus Fatlolon empat hari namun dia kembai lebih awal satu hari sehingga ditemukan kelebihan bayar Rp59 juta.

"Ini dalam tahap lidik dan merupakan temuan BPKP RI Perwakilan Provinsi Maluku namun mereka memberikan kelonggaran selama dua bulan untuk dikembalikan dan informasinya sudah dilakukan pengembalian," jelas Kajati.

Sedangkan untuk laporan dugaan tindak pidana korupsi di proyek taman kota ini sampai sekarang, Kajati masih berkoordinasi dengan Politeknik Negeri Ambon dan sudah dinaikan ke tingkat penyidikan.

Kajati juga menduga ada unsur kerugian keuangan negara dalam perkara ini,  di mana nilainya cukup besar tetapi belum diketahui.

"Nanti dari pemeriksaan pihak politeknik baru bisa dipastikan apakah ada unsur kerugian keuangan negara di dalamnya atau tidak," tandasnya.

Menurut dia, jaksa hanya bergerak di bidang hukumannya dengan dukungan dari para ahli dan tidak berdasarkan angan-angan maupun tendensi pribadi karena ada jalur hukumnya atau pun SOP.

"Kalau masalah intervensi, jujur memang ada tetapi tidak perlu diketahui siapa yang melakukan hal itu," tegas Kajati.

Untuk menetapkan seseorang menjadi tersangka minimal ada dua alat bukti yang cukup, termasuk didalamnya keterangan ahli, selain itu adanya niat.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!