Sekilas Info

PASCA GEMPA AMBON

H+4 Pasca Gempa, Masih Ada Puluhan Pasien RSUD Dr Haulussy Ambon Dirawat di Tenda Darurat

Humas Pemprov Maluku Istri Gubernur Maluku Widya Murad Ismail saat mengunjungi warga yang menjalani perawatan di tenda darurat di halaman RSUD Dr Haulussy Ambon, 28 September 2019 lalu.

satumalukuID – Hingga hari keempat pasca  peristiwa Gempa Ambon Magnitudo 6,5 yang terjadi pada 26 September 2019 lalu, puluhan pasien RSUD Haulussy Ambon masih ada yang dirawat di delapan tenda darurat yang disiapkan Dinas Sosial provinsi Maluku.

"Pasien yang mendapat perawatan medis di tenda merupakan pasien reguler dan korban gempa, yang takut dirawat di ruangan," kata ketua satgas bencana RSUD Haulussy Ambon, Jacky Tuamely, Senin (30/9/2019).

Dokter Jacky menjelaskan, fasilitas bagi pasien yang dirawat di tenda sama dengan yang di ruangan.

Pihaknya juga mendapat bantuan air bersih dan MCK darurat dari dinas PUPR Provinsi Maluku, sehingga pasien maupun keluarga tidak kesulitan.

"Tenda ukuran kecil ditempati 1-3 pasien sedangkan tenda besar ditempati 10 pasien, yang dijaga tenaga medis," ujarnya.

Disinggung pasien korban gempa yang dirawat di RSUD, Jacky mengatakan pasien yang masuk sebanyak 27 orang, dua pasien diantaranya meninggal dunia, tujuh pasien telah diperbolehkan pulang dan 18 lainnya masih menjalani perawatan.

Pasien korban gempa umumnya sakit patah tulang enam orang, stroke dua orang, dan satu bayi yang mengalami cedera berat di bagian kepala akibat pendarahan di otak.

"Kami masih menunggu informasi BMKG, jika kondisi sudah aman maka kita akan memindahkan pasien untuk dirawat ke ruangan," kata Jacky.

Baca Juga

error: Content is protected !!