Sekilas Info

PASCA GEMPA AMBON

Sejumlah Gedung Pemerintah dan Fasilitas Pelayanan Publik di Ambon Diuji Kelayakannya oleh Puslitbang PUPR

Salah satu gedung Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang mengalami keretakan akibat guncangan gempa bermagnitudo 6,5, pada Kamis (26/9/2019).

satumalukuID – Pasca gempa Ambon yang terjadi Kamis (26/9/2019), Tim dari Pusat Penelitian Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pengujian kelayakan sejumlah gedung sejak Minggu (29/9/2019).

Penjabat Sekda Maluku, Kasrul Selang, di Ambon, Senin (30/9/2019) mengatakan tim Pustlibang Kementerian PUPR didampingi Penjabat Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman(PKP) Maluku, Muhammad Marasabessy telah melakukan pengujian kelayakan kantor Gubenrur dari lantai I hingga VII.

Selain itu, sejumlah gedung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan RSU dr Ishak Umarella di Desa Tulehu, kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

"Kami mengharapkan paling lambat pada pekan ini telah menerima hasil pengujian kelayakan sebagai dasar bagi Gubernur Maluku, Murade Ismail mengajukan laporan, sekaligus bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk penanganan gedung - gedung tersebut," ujar Kasrul.

Penjabat Kadis PKP Maluku, Muhammad Marasabessy menjelaskan kegiatan yang dilakukan tim Puslitbang Kementerian PUPR ini untuk melihat tingkat kerusakan dan kelayakan bangunan. "Mereka akan melihat kemudian menentukan, apakah gedung ini layak untuk digunakan atau tidak,” katanya.

Sedangkan, Ketua tim Pustlitbang Kementerian PUPR, Rhoma mengemukakan, kajian yang dilakukan terkait dengan struktur bangunan, kendati belum bisa menentukan apakah sejumlah gedung ini layak digunakan atau tidak.

"Kami setelah kembali ke Jakarta, maka melaporkan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sehingga kemungkinan pada pekan ini disampaikan hasil pengujian kelayakan," ujarnya.

Penulis: Alex Sariwating
Editor:Redaksi

Baca Juga