Sekilas Info

PASCA GEMPA AMBON

Bulog Maluku Siapkan Barang Kebutuhan Pokok untuk Disalurkan ke Pengungsi Lewat Posko WIKA

John Soplanit Suasana penyaluran bantuan untuk korban gempa Ambon di Posko WIKA sebagai koordinator penyaluran bantuan BUMN di Ambon.

satumalukuID – Perum Bulog Maluku telah menyiapkan bantuan barang kebutuhan pokok bagi pengungsi yang terkena dampak gempa Ambon 6,5 magnitudo yang terjadi pada Kamis 26 September 2019 lalu.

Pimpinan Perum Bulog Maluku Asmal mengatakan pihaknya menyiapkan 10 ton beras, 300 dus mi instan, dan juga 300 dus minyak goreng dan Senin (30/9/2019) dibawa langsung ke Posko bantuan yang berlokasi di Waiyame, Kecamatan Teluk Ambon yang dikoordinir PT.Wijaya Karya (WIKA).

Menurut Asmal, semula bantuan akan disalurkan langsung oleh Bulog Maluku kepada masyarakat yang terkena dampak gempa sesuai dengan hasil pemantauan di lapangan. Namun karena ada instruksi dari Kementerian BUMN maka hari ini bantuan itu dibawa ke Posko Bantuan yang sudah ada.

"Jadi tidak ada masalah juga kalau dibawa ke Posko bantuan dan selanjutnya pihak Posko yang nantinya menyalurkan kepada masyarakat yang akan menerimanya," katanya.

Sebab, lanjutnya, Menteri BUMN telah menyurati ke masing-masing BUMN yang ada di Maluku sesuai program BUMN Hadir Untuk Negeri guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Maluku yang terkena dampak gempa pada Kamis, tanggal 26 September 2019.

"Atas dasar itulah, dibuat mekanisme penyaluran dengan tujuan agar bantuan tersebut tidak tercecer ke mana-mana, maka ditunjuknya PT. Wika selaku koordinator untuk menerima semua bantuan dari BUMN yang ada di Maluku," ujarnya.

PT.Wika juga akan membuat serah terima bantuan dari masing-masing BUMN, kemudian mereka juga harus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terkait penyaluran bantuan itu kepada masyarakat yang terkena dampak gempa.

Asmal menambahkan, selain Bulog ada juga BUMN yang lain di daerah ini yang sudah menyalurkan bantuan lewat Wika selaku koordinator.

Penulis: Shariva Alaidrus
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!