Sekilas Info

TOUR D’AMBON MANISE

Tour d’Ambon Manise II 2019 Digelar; 518 Peserta Berpartisipasi, Dua dari Malaysia dan Australia

Daniel Leonard Sebanyak 518 peserta dari berbagai penjuru tanah air termasuk dua warga negara asing asal Malaysia dan Australia turut meramaikan kegiatan Tour d'Ambon Manise II 2019 yang diselenggarakan Kepolisian Daerah Maluku. (28/9)

satumalukuID - Sedikitnya dua peserta warga negara asing asal Malaysia dan Australia turut meramaikan kegiatan lomba balap sepeda Tour d'Ambon Manise (TdAM)  II 2019 yang diselenggarakan Kepolisian Daerah Maluku.

"TdAM kali ini diikuti sekitar 518 peserta yang berasal dari seluruh penjuru Tanah Air termasuk dua peserta lainnya dari mancanegara," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat di Ambon, Sabtu (28/9/2019).

Untuk yang luar negeri itu berasal dari Malasya dan Australia masing-masing satu orang, sedangkan untuk Indonesia dari luar Maluku sekitar 250 orang dan sisanya dari Maluku.

Dikatakan, TdAM kedua ini hanya berlangsung di Pulau Ambon, dengan melintasi 172 kilometer, dalam waktu tempuh selama dua hari.

"Start sekitar pukul 07:00 WIT, dari depan Gong Perdamaian Dunia menuju monumen Pahlawan Nasional Kristina Martha Tiahahu di kawasan Karang Panjang, kemudian peserta diarahkan untuk menikmati tanjakan "kaki setan" di desa Soya," katanya.

Setelah itu para peserta melewati daerah Kayu Tiga hingga menuju Markas Polda Maluku dan menyusuri kota Ambon sampai ke daerah Benteng, lalu kembali menikmati tanjakan Gunung Nona.

Para goweser juga kemudian kembali lagi ke kawasan Benteng, dan peserta terus ke arah pantai wisata Pintu Kota yang merupakan pit stop satu.

Di Pintu Kota, peserta beristirahat sejenak sambil menikmati makanan ringan tradisional khas Maluku, dan dihibur dengan kesenian tradisional setempat.

Dari Pintu Kota peserta kemudian kembali lagi ke pusat kota Ambon dan melanjutkan perjalanan ke arah Batu Merah Atas, Halong, SPN Paso hingga ke pantai wisata Natsepa di Desa Suli yang dijadikan sebagai Pitstop dua.

Tiba di Desa Suli, kata Roem, peserta beristirahat untuk makan siang, sholat dan menikmati indahnya pantai Natsepa dan alam sekitar.

"Kemudian mereka kembali ke dalam kota dan finis di Pelabuhan Perikanan Nusatara-Tantui, dan melakukan wisata laut berupa naik kapal dan menyusuri teluk Ambon sambil menikmati senja," ujarnya.

Total jarak yang ditempuh pada hari pertama ini adalah 87 kilo meter dan untuk TdAM hari kedua akan dilaksanakan hari Minggu (29/9) pukul 07:00 WIT melanjutkan perjalanan dengan titik start dari depan hotel Swiss Bell.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga