Sekilas Info

HIDOP ORANG BASUDARA

Ribuan Orang Maluku di Jabodetabek Deklarasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane di Stadion Pakansari

Suasana deklarasi wadah organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R Salam Sarane) di Gedung Serbaguna Laga Tangkas Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/9/2019)

satumalukuID – Masyarakat Maluku di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) mendeklarasikan wadah organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R Salam Sarane) di Gedung Serbaguna Laga Tangkas Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/9/2019). Deklarasi M1R SS dilaksanakan dalam naungan tema “Membangun Kearifan Lokal Nusa Ina Tanah Maluku Untuk Indonesia”.

Ketua umum M1R SS, Yoel Yacob Patty, mengatakan dengan mengusung konsep warisan leluhur yakni “Pela Gandong” atau Satu Rasa, pihaknya berharap semua masyarakat Maluku melebur di perantauan menjadi satu dalam satu organisasi M1R ini.

M1R SS bukan hanya sebagai organisasi saja melainkan sebagai sebuah wadah kekeluargaan dan sarana pemersatu putra dan putri maluku yang beraneka ragam latar belakangnya dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Dia juga menegaskan M1R SS berkomitmen dan bergandengan tangan dengan organisasi kemasyarakatan lain untuk bersinergi berada dibawah naungan NKRI.

“Untuk itu kami berharap agar masyarakat terutama masyarakat Maluku bersama-sama saling menjaga rasa damai dalam kebhinekaan karena kita semua bersaudara, dan dengan bersama-sama pula kita membangun kearifan lokal terutama kepulauan Maluku untuk negara Indonesia yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhannudin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut gembira dengan dideklarasikannya M1R SS. Dia menegaskan M1R SS telah terdaftar di kantor Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) pemerintah Kabupaten Bogor.

“Kami selaku pemerintah Kabupaten Bogor, menyambut baik deklarasi Maluku 1 Rasa ini, untuk itu kami akan bersinergi dan mensupport, bekerjasama, serta membina semua organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan organisasi keagamaan supaya turut serta bersama-sama membangun kabupaten Bogor sesuai dengan visi dan misinya,” ungkapnya.

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga