Sekilas Info

PON 2020 PAPUA

Cuma 3 Petinju Maluku Lolos ke PON 2020, Jabar 10, NTT 8, Papua Barat 6, NTB 5, Malut dan Sulut 4

satumalukuID - Provinsi Maluku hanya mampu meloloskan tiga petinju untuk bertarung di ajang PON 2020. Jumlah ini lebih sedikit dibanding Maluku Utara yang meloloskan empat petinju.

Ketiga petinju Maluku yang lolos ke PON 2020 setelah bertarung di Kejurnas Tinju/Pra PON di Ternate adalah Novi Sahuleka (kelas 52 kg putra), Buce Tibelimeten (kelas 69 kg putra) dan Julius Lumoly (kelas 56 kg putra).

Sebagaimana diketahui Kejurnas yang berlangsung 20-26 September 2019 yang diikuti 234 petinju dari 22 Provinsi. Para petinju mengikuti 10 kelas putra dan 7 kelas untuk putri.

Kejurnas tersebut akan memperebutkan empat kuota tiket PON dari masing-masing kelas yang diperebutkan. Itu berarti hanya petinju yang menempati posisi empat beasr yang mengantongi tiket PON XX/2020-Papua.

Maluku pada kejurnas tersebut mengikutsertakan 13 petinju yang terdiri dari 10 petinju putra yaitu Dian Isikiwar (46 Kg), Valent Ngarbingan (49 Kg), Novi Suhuleka (52 Kg), Julius Lumoly (56 Kg), Ralin Lumoly (60 Kg), Kenedy Pattinama (64 kg), buce Tibalimeten (69 Kg), Stevi Nikolebu (75 Kg), Christian Puturuhu (81 Kg) dan Elvis Pangely (91 Kg) serta 3 petinju putri yaitu Monica Isikiwar (45 Kg), Femmy Benamen (54 Kg) dan Desy Ohoiulun (57 Kg)

Pada ajang Kejurnas yang juga merupakan ajang kualifikasi PON 2020 tersebut, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil keluar sebagai juara umum dengan meraih tujuh medali emas dan 1 medali perunggu.

"Keberhasilan Pengprov NTT ini sekaligus meloloskan delapan atlit tinjunya baik putra dan putrinya ke arena PON di Provinsi Papua pada 2020," kata Ketua Pengprov Pertina Malut, Djasman Abubakar di Ternate, Jumat (27/9/2019).

Kendati NTT meraih gelar juara umum, namun Provinsi Jawa Barat tercatat paling banyak meloloskan 10 petinjunya ke PON Papua, disusul Pengprov NTT delapan petinju, Papua Barat dan DKI Djakarta masing-masing enam petinju, Provinsi NTB dan Kalimantan Selatan sebanyak lima petinju.

Tim tuan rumah Maluku Utara dan Sulawesi Utara meloloskan 4 petinju, Jawa Tengah, Kalimantan Timu dan Bali mampu loloskan dua petinju di PON Papua 2020.

Dalam Pra PON yang ditutup Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman ini menempatkan petinju terbaik putri Beatrix asal Kalimantan Selatan dan Putra Joshua dari Sulawesi Selatan, sedangkan petinju favorit untuk kategori putra diraih Sunan Agung Amoragam asal Maluku Utara dan putri diraih Arbertina asal Provinsi Papua Barat.

Penulis: m-5/Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!