Sekilas Info

DPRD PROVINSI MALUKU

Nasdem Gabung ke Fraksi Partai Demokrat, Francois Celmen Orno Jadi Ketua Fraksi PDIP

Daniel Leonard Suasana rapat di DPRD Maluku.

satumalukuID - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang meloloskan tiga legislator ke DPRD Maluku periode 2019-2024 akhirnya memilih bergabung dengan Fraksi Partai Demokrat.

"Partai Nasdem yang terdiri dari tiga kursi di DPRD provinsi telah menyatakan bergabung dengan F-Partai Demokrat dan ditetapkan dalam Keputusan DPRD Maluku nomor 1 tanggal 23 Sepetember 2019," kata pimpinan sementara DPRD setempat, Lucky Wattimury di Ambon, Senin (23/9/2019).

Keputusan tersebut disampaikan dalam rapat pimpinan sementara DPRD Maluku tentang penetapan delapan fraksi dan penasihat, ketua, wakil ketua sekretaris, serta bendahara dan anggota fraksi.

Dikatakan, untuk F-PDI Perjuangan tujuh kursi, F-Partai Golkar enam kursi, F-Gerindra enam kursi, F-PKS lima kursi, F-Hanura lima kursi, dan F-Demokrat empat kursi.

"Parpol yang jumlah kursinya tidak mencukupi untuk membentuk satu fraksi antara lain PKB tiga kursi dan PPP dua kursi dan mereka telah membentuk koalisi satu fraksi dengan nama F-Persatuan Bangsa," ujarnya.

Kemudian Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mendapatkan dua kursi, Partai Amanat Nasional satu kursi, dan Partai Berkarya satu kursi berkoalisi membentuk satu fraksi gabungan dengan nama F-Perindo Amanat Berkarya.

Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan fraksi untuk menjalankan kebijakan politik di lembaga DPRD Maluku, setiap fraksi perlu membentuk struktur dan keanggotaan yang telah disampaikan oleh masing-masing pimpinan DPD atau DPD kepada pimpinan sementara DPRD melalui Sekretaris DPRD Maluku.

Selanjutnya dengan memperhatikan seluruh proses dan mekanisme rapat pimpinan sementara dan seluruh anggota dewan, rapat dengan parpol yang jumlah kursinya tidak mencukupi untuk membentuk suatu fraksi dan surat DPD maupun DPD partai maka pembentukan fraksi telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga struktur dan keanggotaannya dapat diumumkan dalam rapat paripurna hari ini guna ditetapkan dalam keputusan dewan, dan rancangan keputusan tersebut dibacakan Plh Sekeratis DPRD Maluku, Bodewyn Wattimena.

Susunan pimpinan dan anggota fraksi di DPRD Maluku untuk F-PDI Perjuangan, Edwin Adrian Huwae dan Lucky Wattimury sebagai penasihat, sedangkan Francois Celmen Orno menjadi ketua fraksi.

Untuk F-Golkar, Richard Rahakbauw dan Rasyid Efendi Latuconisa menjadi penasihat, sedangkan ketua fraksi adalah Hajah Murniaty Solaeman Hentihu.

Kemudian DR. Andi Munaswir sebagai ketua F-Gerindra, Abdullah Azis Sangkala selaku pembina F-PKS dan Amir Rumra menjadi ketua fraksi, F-Hanura diketua Hengky Ricado Pelata, F- Partai Demokrat diketuai Elwen Roy Pattiasina, F-Persatuan Bangsa diketuai Mumin Refra, dan F-Perindo Amanat Berkarya diketuai Uama Namakule.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!