Sekilas Info

KEMENPAN RB

Tipologi Polres Ambon dan Lease Disetujui Naik Jadi Polresta, Kapolres akan Berpangkat Kombes

Tradisi di Mapolres Ambon, polisi yang mendapat kenaikan pangkat sujud syukur dan disemprot air.

satumalukuID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI telah mengesahkan kenaikan tipologi Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease menjadi Polresta.

"Pengesahan kenaikan tipologi markas kepolisian ini diperkuat dengan adanya Surat Keputusan Nomor B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019," kata Kapolres setempat, AKBP Sutrisno Hady Santoso di Ambon, Jumat.

SK Kemenpan ini memuat perihal Polres Pulau Ambon dan Pp Lease mengalami perubahan kenaikan tipe menjadi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Dengan adanya SK Kemenpan RB RI tersebut maka Polresta Pulau Ambon bakal dipimpin oleh seorang Kapolresta dengan pangkat Komisaris Besar Polisi.

Menurut Kapolres, peningkatan tipe polres ini merupakan kerja keras semua pihak yakni pimpinan dan seluruh personel polres yang dibantu semua elemen masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Peningkatan tipe polres ini juga untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat serta mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Polri.

"Memohon kepada semua elemen masyarakat untuk mendukung dan membantu Polresta dalam melaksankan tugas tugas Harkamtibmas, penegakkan hukum dan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," tandas Kapolres.

Untuk diketahui, pada tanggal 27 Juli 2018 lalu, tim Kemenpan RB dan tim Mabes Polri juga sudah pernah turun ke Ambon untuk melakukan evaluasi rencana peningkatan polres dari tipe B menjadi tipe A.

Kemudian awal Agustus 2019 kemarin Kapolres bersama tim gabungan Polres dan Polda Maluku juga telah memaparkan desk evaluasi zona integritas menuju wilayah bebas korupsi kepada tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta.

Tim desk evaluasi zona integritas Polres Ambon ini telah dievaluasi oleh tim Kemenpan RB untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi yang dimulai dengan paparan Kapolres yang membawakan materi secara visual/video profil dan kegiatan inovasi dari Polres Pulau Ambon.

"Predikat WBK hanya salah satu syarat utama peningkatan tipe polres selain indikator lainnya sebagai faktor penentu seperti luas wilayah, kepadatan penduduk, dan jumlah tindak pidana yang terjadi," kata Kapolres.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga