Sekilas Info

PERKARA NARKOBA

Dijerat dengan Pasal Bukan Pengguna, Terdakwa Mengaku sudah Konsumsi Narkoba sejak 2010

Foto ilustrasi sidang di pengadilan

satumalukuID - Andarias Uspitani alias Andi, terdakwa kasus penggunaan narkoba golongan satu bukan tanaman jenis sabu-sabu, mengaku sudah mengonsumsi narkoba sejak 2010.

"Satu paket sabu ini saya beli dari seseorang bernama Martin dan rencananya akan dipakai bersama Abe namun keburu diringkus polisi," kata Andi di Ambon, Kamis.

Penjelasan Andi disampaikan dalam persidangan dipimpin ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Philip Panggalila didampingi Hamzah Kailul dan Lucky Rombot Kalalo selaku hakim anggota dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Terdakwa yang ditangkap polisi pada Mei 2019 dan tidak dilakukan pemeriksaan pascapenangkapan, namun setelah empat hari baru polisi melakukan tes urine.

Penasihat hukum terdakwa, Dino Huliselan mengatakan, seharusnya saat diamankan polisi sudah harus dilanjutkan dengan pemeriksaan urine sehingga hasilnya bisa diketahui positif sebagai pengguna narkoba.

"Akibatnya terdakwa dijerat Jaksa Penuntut Umum Grace Siahaya melanggar pasal 112 dan 114 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," kata Dino Huliselan.

Padahal, terdakwa dalam persidangan sendiri sudah mengakui telah menggunakan narkoba sejak 2010, namun pasal yang digunakan bukanlah pasal 127 sebagai pengguna narkoba.

Majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga