Sekilas Info

PIMPINAN DPD RI

Bermodal Pengalaman, Nono Sampono akan Maju dalam Persaingan Menjadi Pimpinan DPD RI

Antara/HO Wakil Ketua DPD RI periode 2017-2019 Nono Sampono (kiri), Wakil Ketua DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2017 Gusti Kanjeng Ratu Hemas (tengah), serta anggota DPD RI terpilih Mahyudin (kanan).

satumalukuID – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Maluku Nono Sampono menyatakan niatnya secara terbuka untuk menjadi Calon Pimpinan DPD. Faktor pengalaman melandasi niat pensiunan jenderal bintang tiga Marinir yang terpilih kembali menjadi anggota DPD berdasatkan hasil Pemilu 2019 lalu.

"Saya memberanikan diri maju sebagai calon pimpinan dengan pertimbangan sudah memiliki pengalaman. Saya menjadi anggota DPD RI periode 2014-2019 dan menjadi Wakil Ketua DPD RI periode 2017-2019," kata Nono Sampono di sela "Focus Group Discussion (FGD): Peran Strategis DPD RI Dalam Memajukan Daerah Guna Mewujudkan Indonesia yang Berkeadilan dan Setara" di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Pertimbangan lainnya, kata Nono Sampono adalah bahwa dirinya memiliki kapasitas dan rekam jejak yang baik.

Seperti diketahui, Nono Sampono menghabiskan karir militer di Korps Marinir TNI Angkatan Laut dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal, Dia lulusan SMA Xaverius Ambon dan masuk Akademi Militer dari Kota Ambon. Rumah orang tuanya terletak di kawasan Tanah Tinggi Ambon.

Lebih lanjut ditanya soal peluang, Nono mengatakan, hal itu tergantung dari anggota DPD RI yang memilihnya. "Nanti akan disepakati tata tertib yang mengatur mekanisme pemilihan. Setelah itu tergantung anggota DPD RI yang akan memilih," timpalnya.

Anggota DPD RI periode 2019-2024 sebanyak 136 orang dari 34 provinsi. Rencananya, pelantikan anggota DPD akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2019.

Mengenai FGD yang dilaksanakan, menurut Nono Sampono, melalui FGD ini anggota DPD RI periode 2019-2024 dapat saling mengenal dan menyerap wawasan dari para pakar, sehingga setelah nantinya dilantik dapat langsung bertugas. "Ini forum yang bagus untuk saling mengenal dan berkomunikasi," katanya.

Soal tantangan DPD RI ke depan, anggota DPD RI dari Provinsi Maluku ini menjelaskan bahwa negara itu berproses, sehingga harus disikapi dengan baik dan bijaksana. "Kita di DPD RI harus terus berusaha agar apa yang diperjuangkan untuk DPD RI menjadi lebih baik," ujar Nono.

Baca Juga

error: Content is protected !!