Sekilas Info

OPERASI PENYELAMATAN

Tim SAR Gabungan Masih Cari Tiga ABK KM Sumber Nelayan 26 yang Jatuh ke Laut di Perairan Aru

Daniel Leonard Tim SAR gabungan mencari tiga orang anak buah kapal KM. Sumber Nelayan 26 yang dilaporkan jatuh ke laut sekitar perairan Kepulauan Aru, Maluku sejak Minggu, (15/9/2019) sekitar pukul 01:30 WIT.

satumalukuID - Tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian dan penyelamatan terhadap tiga orang anak buah (ABK) kapal KM. Sumber Nelayan 26 yang jatuh ke laut sekitar perairan Kepulauan Aru, Maluku sejak Minggu, (15/9) sekitar pukul 01:30 WIT.

"Hari ini dilakukan operasi SAR H+2 setelah kami menerima informasi sekitar pukul 14:00 WIT," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Senin (16/9/2019).

Menurut dia, dalam kapal nelayan ini terdapat lima orang dan tiga orang ABK diantaranya dilaporkan jatuh ke laut di sekitar perairan Desa Ngaibor, Kabupaten Kepulauan Aru.

KM. Sumber Nelayan 26 yang mengalami kecelakaan pelayaran ini dilaporkan berada sekitar koordinat 6°43.500’S - 134°3.500’E dengan jarak kurang lebih 139 NM, heading 129,87° arah Selatan dari Kn SAR Bharara.

"Dua orang yang ditemukan selamat di atas kapal tersebut adalah Nopit Burhanudin dan rekannya Kuat Berkah," sebut Muslimin.

Sementara tiga orang yang masih dalam pencarian antara lain Yusuf Supriatna, Asep Ali Mulyadi, serta Wahyudi.

Aksi yang dilakukan tim SAR gabungan setelah menerima laporan dari Kantor SAR Denpasar-Bali adalah menggunakan speed boat milik BPBD Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru langsung menuju lokasi pencarian.

Sementara unsur SAR gabungan yang terlibat didalamnya terdiri dari Lanal dan BPBD, PKP Dobo, dan Babinsa setempat.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga