Sekilas Info

OPERASI PENYELAMATAN

Sempat Dikira Batang Kayu Terapung, Nelayan Halmahera Barat yang Hilang Diselamatkan Tim SAR

ANTARA/Abdul Fatah Nikson Nyango nelayan yang sempat hilang selama dua hari akibat dihantam gelombang di Perairan Desa Peot Halmahera Barat mendapat penanganan medis.

satumalukuID- Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara berhasil menemukan korban hilang selama dua hari bernama Nikson Nyango yang dihantam gelombang di perairan Desa Peot Kabupaten Halmahera Barat.

"Pencarian terhadap korban longboat yang terbalik di perairan Desa Peot, Halbar terus dilakukan oleh tim gabungan Basarnas Ternate dan potensi SAR serta masyarakat setempat dan akhirnya korban ditemukan di Perairan Ibu dalam kondisi selamat," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Senin (16/7/2019).

Menurut dia, di hari kedua pencarian, pukul 08.00 wit, Tim SAR gabungan melaksanakan briefing dan membagi area pencarian menjadi 2 SRU dengan menggunakan RIB 02 Ternate yang melakukan pencarian di perairan Ibu seluas 14.95 NM pada koordinat yang telah ditentukan.

Sementara SRU 2 menggunakan Longboat Masyarakat melakukan pencarian di pesisir sebelah barat perairan desa Ibu Halmahera Barat.

Pada saat sedang melakukan pencarian, team menerima informasi pukul 10.00 WIT. Bahwa korban berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan dalam keadaan Selamat disebelah Barat perairan Kecamatan Ibu dan korban di evakuasi ke Puskesmas Kecamatan Ibu, selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, Tim SAR gabungan bersama keluarga korban melaksanakan debrifing dan evaluasi pelaksanaan Ops SAR.

Dia menyatakan, sebelum itu, pihaknya menerjunkan tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian seorang nelayan bernama Nikson Yangu, korban longboat yang terbalik di perairan desa Peot, Kabupaten Halmahera Barat.

"Selain itu, team gabungan Basarnas Ternate dibantu masyarakat setempat menyisir berbagai pulau terdekat mencari keberadaan nelayan hilang tersebut," katanya.

Di hari kedua pencarian, pukul 08.00 wit, tim SAR gabungan melaksanakan briefing dan membagi area pencarian menjadi 2 SRU dengan menggunakan RIB 02 Ternate melakukan pencarian di perairan Ibu seluas 14.95 NM pada koordinat yang telah ditentukan.

Sedangkan, pencarian lainnya menggunakan longboat dibantu masyarakat dengan melakukan pencarian di pesisir sebelah barat perairan desa Ibu Halmahera Barat, namun terhalang akibat tingginya gelombang hingga mencapai 2 meter.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga