Sekilas Info

KERJASAMA PENDIDIKAN

Pemkab Morotai Jajaki Kerjasama dengan Cina untuk Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa Berprestasi

Abdul Fatah Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma menemui Kedubes Cina untuk mendukung percepatan kebijakan nasional di Morotai sebagai wilayah terluar dan perbatasan Indonesia (Gerbangdutas).

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) membangun kerjasama dengan Cina untuk membuka peluang beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi di Morotai untuk melanjutkan pendidikan tingginya di negara tersebut.

"Program ini salah satunya adalah pemberian peluang beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi di Morotai untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Cina," kata Wakil Bupati Pulau Morotai, Asrun Padoma kepada Antara, Senin (16/9/2019).

Kerjasama ini untuk mendukung kebutuhan strategis Morotai di bidang infrastruktur, baik bandara, pelabuhan, jalan dan jembatan, serta pembangkit listrik, untuk mendukung percepatan kebijakan nasional di Morotai sebagai wilayah terluar dan perbatasan Indonesia (Gerbangdutas), KSPN atau 10 Bali Baru, SKPT dan KEK

Dalam pertemuan audiensi ini, Wakil Bupati Morotai menyampaikan kemajuan pembangunan yang dicapai Morotai selama dua tahun pemerintahan Benny - Asrun, sehingga dengan mengarahkan fokus pembangunan kepada pemenuhan kebutuhan dasar rakyat sesuai isi Nawacita yaitu kehadiran negara atau pemerintah di tengah kehidupan masyarakat.

Dia menyatakan, peningkatan kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan dan pembangunan di Morotai, dan beragam apresiasi serta penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Pulau Morotai, salah satunya dari Kemendagri sebagai kabupaten sangat inovatif pada peringkat 20 dari 415 kabupaten di Indonesia.

Untuk itu, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba memberikan predikat Kabupaten Gratis kepada Morotai, karena berbagai kebijakan pro rakyat yang dilakukan di era kepemimpinan Bupati Benny Laos ini.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kabupaten Pulau Morotai Asrun Padoma dan Tim SKPD melakukan kunjungan audiensi kepada Duta Besar RI di Beijing bertempat di Wisma Duta KBRI Beijing, RRT.

Kunjungan kepada Dubes RI di Beijing di samping untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Dubes Oratmangun dan KBRI Beijing kepada Kabupaten Pulau Morotai. juga untuk berdialog meminta dukungan atas peluang kerja sama yang dapat diwujudkan antara institusi dan pelaku bisnis di Cina / RRT dengan Pemkab Morotai atau dengan para mitra bisnisnya di Indonesia.

Pertemuan di KBRI Beijing dilakukan pasca penandatanganan penjajakan kerja sama (LoI) antara pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dengan pihak Shenzhen Fountain Corporation, di kota Xiamen, pada 9 September 2019. Penandatanganan LoI antara pihak Morotai dengan mitranya Fountain Corp, merupakan hasil prakarsa dari Dubes Oratmangun, sejak tahun 2018 lalu yang disambut dengan serius oleh Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

Dalam kaitan itu, Duta Besar Djauhari Oratmangun, yang didampingi Koordinator Fungsi Sosial Budaya KBRI Beijing Arianto Surojo, menegaskan komitmennya untuk terus membantu memfasilitasi peluang-peluang kerjasama Morotai dengan Cina.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga