Sekilas Info

PELANTIKAN DPRD MALUKU

Meski Gagal Dilantik, Papan Bunga Ucapan Kasum TNI untuk Kurnala Terpampang di Gedung DPRD Maluku

Daniel Leonard Papan bunga ucapan selamat dari Kasum TNI Letjen TNI Jony Supriyanto dan keluarga kepada politikus PDI Perjuangan Welhelm Daniel Kurnala yang seharusnya dilantik menjadi anggota DPRD Maluku periode 2019 - 2024.

satumalukuID - Politikus PDI Perjuangan Welhelm Daniel Kurnala gagal dilantik sebagai anggota DPRD Maluku periode 2019 - 2024. Selain Kurnala, politikus Partai Gerindra Roby Gazpers juga ditangguhkan pelantikannya karena Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri hanya mencantumkan 43 dari 45 nama yang lolos dalam Pileg 2019.

Ironisnya, pada salah satu sudut ruangan gedung DPRD Maluku terpampang sebuah ucapan selamat dan sukses atas dilantiknya Welhelm Daniel Kurnala sebagai anggota DPRD Maluku dari Letjen TNI Jony Supriyanto selaku Kasum TNI berserta keluarga.

Papan bunga tersebut menarik perhatian para pengunjung di Gedung DPRD Maluku karena Kurnala tidak dilantik bersama anggota DPRD lainnya pada hari yang sama.

"Yang dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Maluku hari ini hanya 43 anggota DPRD provinsi dan kami menyesalkan Menteri Dalam Negeri diduga telah melakukan pelanggaran terhadap konstitusi," kata mantan Ketua Komisi A DPRD setempat, Melkias Frans di Ambon, Senin (16/9/2019).

Mereka tidak dilantik sebagai anggota DPRD provinsi untuk periode lima tahun mendatang karena ada persoalan dalam internal partai, terutama soal perhitungan suara hasil pemilu legislatif 2019.

Pelantikan dan pengambilan sumpah para wakil rakyat Maluku ini dilakukan oleh Ketua PT Maluku Respaton Wisnu Wardoyo.

Dari 45 anggota legislatif perdiode 2014-2019, yang kembali terpilih dalam pileg 2019 sebanyak 20 orang, sedangkan 25 anggota lainnya tidak lagi terpilih.

Baca Juga