Sekilas Info

INFRASTRUKTUR JALAN

Pembangunan Jalan Hotmix di Kei Besar maupun Kei Kecil Dituntaskan pada 2020

Foto ilustrasi pengerjaan jalan

satumalukuID - Pembangunan sejumlah ruas jalan hotmix di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), baik di wilayah Kei Besar maupun Kei Kecil bakal dituntaskan pada 2020.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Malra Noralita Foudubun di Langgur, Kamis menyatakan, di Kei Besar, ruas-ruas jalan tersebut di antaranya jalan Elat Yamtel, Elat-Weduar, Elat-Werka-Wetuar-Tamangil-Weduarfer. Sedangkan di wilayah Kei Kecil yakni ruas jalan Yafavun-Ohoinol dan ruas jalan Debut-Namar.

"Dana untuk pengerjaannya bersumber dari Dana Alokasi Kusus (DAK) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malra," kata Noralita.

Di wilayah Kei Besar, tahun ini melalui DAK dikerjakan dua ruas jalan yakni ruas jalan Elat-Wedur dan ruas jalan Elat-Werka-Wetuar-Tamangil-Weduarfer. Pengerjaan jalan tanahnya sudah hampir selesai dan siap untuk dihotmiks.

Ruas jalan Elat-Yamtel sepanjang 4 kilometer melalui APBD Malra dan tahun ini dalam proses pengerjaan.

APBD Malra tahun ini juga membiayai pengerjaan ruas jalan Elat-Werka sepanjang 3,7 kilometer.

"Tahun ini juga, ruas jalan provinsi di wilayah Kei Besar yakni Fako-Hollat-Ngurdu-Fako-Hollat-Ohoiraut, yang dikerjakan hanya ruas Ngurdu-Fako sepanjang 3 kilometer, maka kami terus berkoordinasi dengan provinsi untuk peningkatan ruas jalan tersebut," kata Noralita.

Ia menambahkan, tahun ini melalui APBD Malra juga ada pengerjaan pemeliharaan jalan Lapen di wilayah Kei Besar Utara Barat, dimana pengerjaannya bersegmen pada ruas jalan Ngurdu-Bombay-Ohoiraut-titik akhir di AD (jembatan Weraur 5).

Ruas jalan itu akan diusulkan peningkatan ke jalan hotmix lewat DAK 2020, dan dilanjutkan pengerjaan ruas jalan dari AD-Hoor.

Sementara untuk pengerjaan jalan di wilayah Kei Kecil melalui APBD Malra dikerjakan ruas jalan Yafavun-Ohoinol sepanjang 5 kilometer, Debut-Namar yang merupakan ruas jalan penghubung antar Kecamatan sepanjang 7,1 kilometer, dan kedua ruas jalan itu akan diusulkan dan dituntaskan tahun 2020.

Disinggung ruas jalan Semawi-Warwut-Ohoider, Noralita menyatakan pihaknya telah mengusulkan untuk ditingkatkan ke hotmiks, namun karena keterbatasan anggaran maka akan diusulkan lagi tahun depan.

Adapun jalan provinsi di wilayah Kei Kecil tahun ini sudah dikerjakan yakni ruas jalan Langgur-Ohoiluk-Debut (Ohoiluk-Debut), sementara untuk sisa jalan Provinsi di Madwat (Wirin) sepanjang 1 kilometer belum dikerjakan akibat keterbatasan anggaran di Provinsi.

Terkait kendala yang di hadapi, Noralita menyatakan terutama di wilayah Kei Besar medan dan distribusi material ke lokasi pengerjaan jalan cukup sulit, namun patut diapresiasi sikap masyarakat di wilayah tersebut yang sangat mendukung dan kooperatif dalam pekerjaan jalan yang dilaksanakan PUPR Malra.

Penulis: Shariva Alaidrus
Editor:Redaksi

Baca Juga