Sekilas Info

PERSYARATAN MAJU PILKADA

Sedikitnya 30 Bakal Calon Kepala Daerah di Maluku Utara Telah Menyelesaikan Tes Urine

Abdul Fatah Bakal calon Bupati Kepulauan Sula, Hadjijah Tukuboya saat melakukan tes urine di BNNP Maluku Utara.

satumalukuID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mencatat, sedikitnya 30 bakal calon (balon) bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota menyelesaikan tes urine sebagai persyaratan untuk maju di Pilkada 2020.

"Ke- 30 balon dimaksud dapat dirinci sebagai berikut, 12 balon walikota dan 3 balon wakil walikota Ternate, 1 balon walikota Tidore kepulauan, 3 balon Bupati dan 3 balon wakil Halmahera Selatan, 3 balon Bupati Haltim, 3 balon Bupati Kepulauan Sula dan 2 Balon Wakil Bupati Halmahera Barat," kata Humas BNNP Malut, Zulziah Wati kepada Antara di Ternate, Selasa (10/9/2019).

Bahkan, keseluruhan balon ini dinyatakan negatif melalui pemeriksaan urine dengan menggunakan alat tes 6 parameter yakni untuk mendeteksi zat  Narkotika jenis ganja, sabu, ekstasi, benzodiazepine, kokain dan morfin. Hasil tes urine negatif tersebut dinyatakan melalui Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SHKPN) yang ditandatangani Kepala BNNP Malut serta Dokter di Klinik Pratama BNNP Malut.

Dia mengakui, BNNP Malutintensif melakukan periksaan urine bakal calon kepala daerah sebagai salah satu persyaratan untuk pendaftaran ke partai pengusung maju di pilkada tahun 2020.

Sebelumnya, kedatangan Bakal Calon (Balon) Walikota yang juga ketua paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKST) Provinsi Maluku Utara Iriansyah Tadjudin dan balon Wakil Bupati Halmahera Selatan Asrul Rasyid Ichsan ST yang juga sekertaris DPD PDIP  Provinsi Maluku Utara.

Ada pula, M.Gasin Ahsim balon Wabup Halmahera Barat  pada (9/9) kemarin, untuk melakukan pemeriksaan urine secara mandiri di BNN Provinsi Maluku Utara. Kedatangan ketiga balon ini melengkapi sejumlah 30 balon yang akan ikut penjaringan partai sebagai perahu menuju Pemilu Kepala daerah Kabupaten Kota.

Sementara itu, Kepala BNNP Malut, Edi Swasono dihubungi terpisah menyatakan, sejumlah bakal calon telah melakukan tes urine termasuk Wakil Bupati Halmahera Selatan, Iswan Hasjim ST, MT yang berencana maju ke Pemilihan walikota Ternate.

Sebelumnya, bakal calon Bupati Kepulauan Sula, Hadijah Tukuboya juga melakukan pemeriksaan urine dengan hasilnya negatif, selanjutnya M Likur Abdul Latif, Balon Wakil Bupati Halmahera Selatan juga  Ir Ikbal Amin, balon walikota Ternate juga dinyatakan negatif setelah diperiksa urine oleh tim medis BNNP Malut.

Di hari yang sama bakal calon Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik juga menyambangi BNNP Malut untuk hal yang sama. Usman adalah seorang wirausahawan melakukan tes urine untuk menjadi calon nomor satu di Kabupaten Halmahera Selatan dan hasilnya dinyatakan negatif.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi

Baca Juga