Sekilas Info

PERDA BEBAS ROKOK

Perda Kawasan Tanpa Rokok Disahkan, Dilarang Merokok di Sejumlah Ruang Publik Kota Ambon

satumalukuID – DPRD Kota Ambon telah mensahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) menjadi Peraturan Daerah. Konsekuensinya, sejumlah ruang publik di Kota Ambon harus bebas dari asap rokok.

Perda baru ini merujuk pada Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, yang mengatur sejumlah ruang publik yang bebas dari asap rokok adalah fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan beberapa tempat lain yang ditetapkan.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan perda ini akan memberikan perlindungan yang efektif bagi masyarakat dari bahaya asap rokok, dan juga penyediaan lingkungan yang bersih dan sehat kepada masyarakat dari bahaya rokok dan asap rokok .

KTR, lanjut Louhenapesy , perlu diatur dalam perda, sesuai amanat pasal 6 ayat 1 Peraturan Bersama Menteri Kesehatan Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/Menkes/Pb/I/2011 Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok.

Olehnya penetapan perda ini diharapkan ada landasan hukum bagi  semua lembaga pemerintahan, agar wajib menyediakan sarana dan prasarana untuk pengguna rokok, guna menetralisir dampak buruk rokok dan asap rokok bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya

Penulis: M-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!