Sekilas Info

TERMINAL PENUMPANG

Terminal Penumpang Pelabuhan Ambon akan Dilengkapi Fasilitas Modern dan Nyaman

Salah satu kapal Pelni berlabuh di Pelabuhan Ambon

satumalukuID - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV cabang Ambon akan menyiapkan terminal penumpang yang modern dan nyaman di Pelabuhan Yos Sudarso bagi masyarakat.

"Kita terus berupaya melakukan pembenahan guna meningkatkan pelayanan, untuk melayani penumpang yang menggunakan moda transportasi laut melalui pelabuhan dengan penambahan fasilitas," kata GM Pelindo IV Ambon, Adi Sutrisno di Ambon, Rabu (4/9/2019).

Dikatakannya, selaku operator pelabuhan pihaknya berkomitmen untuk melayani masyarakat Maluku untuk menggunakan fasilitas pelabuhan.

"Tahun 2019 kita berupaya merubah terminal penumpang menjadi terminal modern yang aman dan nyaman. Tahap awal dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan terminal penumpang," katanya.

Adi menjelaskan, terminal penumpang baru juga akan dilengkapi dengan garbarata, sehingga penumpang dapat naik dan turun kapal tanpa perlu menggunakan tangga lagi.

"Fasilitas garbarata penumpang dapat naik dan turun kapal sama seperti ketika naik pesawat tanpa perlu menggunakan tangga, tetapi cukup masuk ke sebuah lorong penghubung antara gedung ruang tunggu ke kapal," ujarnya.

Ia mengakui, pembangunan terminal penumpang yang modern pihaknya bersinergi dengan KSOP dan PT Pelni.

"Prinsipnya kita bukan hanya mengejar profit tetapi peningkatan pelayanan yang mengedukasi sehingga dapat dinikmati masyarakat luas," kata Adi.

Saat ini di pelabuhan Yos Sudarso Ambon telah dilengkapi sistem e-ticketing menggunakan kartu pengenal dengan PT Pelni, agar jumlah penumpang yang masuk dan keluar bisa terdata dengan lebih tertib.

"Sistem ini diharapkan praktik calo tiket dapat diatasi melalui sistem e-ticketing berbasis boarding pass, sehingga yang bisa masuk hanya penumpang yang memiliki boarding," tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!