Sekilas Info

TENUN TANIMBAR

Kepulauan Tanimbar Direncanakan Menjadi Kabupaten Kreatif Berbasis Tenun

bisniswisata.co.id Para model ketika tampil membawakan busana dari Tenun Tanimbar di Surabaya Fashion Parade.

satumalukuID - Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KTT) direncanakan menjadi kabupaten kreatif berbasis tenun.

Rencana ini disampaikan Istri Gubernur Maluku, Ibu Widya Murad selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Maluku dalam rencana kunjungannya mendampingi Menteri Perlindungan Anak dan Perempuan ke KTT selama tiga hari terhitung sejak tanggal 27-30 Agustus 2019.

Dikatakan, kunjungan ini bertujuan selain untuk menyerahkan bantuan alat pertanian dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku, sekaligus mengunjungi Posyandu di Desa Olilit, mengunjungi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta melakukan pertemuan dengan seluruh pengrajin kain tenun yang ada di KTT.

Widya Murad menjelaskan, tujuan pertemuan dengan pengrajin tenun untuk membicarakan tentang wadah dari penenun itu sendiri.

Menurutnya, hal ini akan memberi dampak positif bagi penenun, baik dari segi pasaran maupun ekonomis.

“Jadi saya telah minta ibu Bupati KTT untuk agendakan saya mau ke Posyadu, PAUD dan temukan dengan seluruh penenun yang ada di sana, dan kita akan bicara tentang wadah penenun, karena saya berkeinghinan kabupaten KTT menjadi kabupaten Kreatif berbasis Tenun,” ujar Widya Murad.

Sementara itu, Kadis PPPA Maluku, Megy Samson, Senin (26/8/2019) menjelaskan Menteri Yohana Yembise diagendakan mengunjungi Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar dimulai pada 27 Agustus 2019 dan kembali 30 Agustus 2019.

Menteri Yohana selama kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar dijadwalkan memberikan sosialisasi kepada para tokoh agama maupun masyarakat tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Begitu pula, mencanangkan kabupaten/ kota layak anak, mengunjungi rumah ramah anak, kerajinan di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Puskesmas dan pulau Matakus.

"Kami mengapresiasi rencana kunjungan Menteri Yohana di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang secara geografis dekat dengan Australia," ujar Megy.

Baca Juga

error: Content is protected !!