Sekilas Info

GOWES NUSANTARA

Ribuan Peserta Ikut Kegiatan Gowes Nusantara di Kota Ambon

Sebanyak 1.200 peserta mengikuti kegiatan gowes nusantara tahun 2019 di kota Ambon yang digagas Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora).

satumalukuID - Sebanyak 1.200 peserta mengikuti kegiatan gowes nusantara tahun 2019 di kota Ambon yang digagas Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora).

Ribuan peserta dilepas Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy bersama Sektertaris Deputi Bidang Pemuda dan Olahraga, Kemenpora Suryati dari jalan AY Patty menuju sejumlah rute yang telah ditetapkan, Sabtu (24/8/2019).

Wali Kota  Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, pelaksanaan gowes nusantara merupakan penyelengaraan yang ketiga kali di kota Ambon.

"Saya berterima kasih kepada Kemenpora yang telah memberikan kesempatan bagi kota Ambon untuk melaksanakan kegiatan ini, dengan jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahun," katanya.

Ia menjelaskan, jumlah pesera yang mendafar memberikan indikasi kuat bahwa program ini semakin merakyat, semakin diterima dan di pahami oleh masyarakat Ambon.

"Kali ini jumlah peserta mengalami peningkatan mencapai 1.200 peserta yang terbagi untuk kategori dewasa maupun anak-anak, jumlah ini menunjukan olehraga sepeda semakin diminati masyarakat," ujarnya.

Kegiatan ini kata Richard, selain olah raga juga memberikan dimensi hiburan buat masyarakat, aspek sehat, aktratif dan memberikan sosialisasi publikasi ditengah-tengah bangsa yang terkadang mengalami ketegangan.

"Kegiatan ini penting bagi kita mencairkan suasana dan di sisi lain juga ini dampak ekonomi juga besar buat masyarakat baik itu kuliner, pedagang kaki lima semuanya menerima manfaat kegiatan olahraga. Tapi yang paling utama diharapkan bermuara pada konsulidasi sosial masyarakat," katanya.

Sementara itu Sektertaris Deputi Bidang Pemuda dan Olahraga, Kemenpora Suryati mengapresiasi Pemerintah Kota Ambon yang telah menyelenggarakan kegiatan gowes nusantara yang setiap tahun semakin meriah dan bertambah jumlah peserta.

"Hal ini menandakan komitmen pemerintah daerah untuk memajukan olahraga, menyehatkan, membugarkan masyarakat ini semakin baik," ujarnya,

Kegiatan gowes nusantara juga merupakan rangkaian menjelang Hari Olah raga Nasional (Haornas) tanggal 9 September 2019, sekaligus tonggak kebangkitan Olahraga di Indonesia

Pemkot Ambon, kata dia, sudah luar biasa bukan hanya gowesnya, tetapi efek sampingnya kegiatan senam bersama dengan berbagai gerakan yang begitu meriah.

"Kita berharap tonggak kebangkitan Olahraga di Indonesia melalui Haornas 2019 , akan terjalin rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa patriotisme, membela negara dalam kancah Internasional tentunya hanya satu yaitu Indonesia, Garuda di dadaku, " tandasnya.

Gowes nusantara melewati sejumlah rute di kota Ambon yakni dimulai dari jalan AY Patti menuju jalan Tulukabessy, Rijali, Ahmad Yani, Diponegoro, Latumeten, kawasan Waihaong dan kembali lagi ke jalan AY Patty.

Baca Juga

error: Content is protected !!