Sekilas Info

FESTIVAL PESTA TELUK AMBON

Porto Juara Lomba Arumbae Manggurebe 2019, Tim Banda Protes, Haria Gagal Pertahankan Gelar

Peserta Lomba Arumbae Manggurebe saat berada di titik start Pantai Amahusu, Selasa (20/8/2019)

satumalukuID – Tim dari Negeri Porto, Saparua, Maluku Tengah, berhasil menjuarai Lomba Arumbae Manggurebe yang dilaksanakan dalam rangka Festival Pesta Teluk Ambon 2019, Selasa (20/8/2019).

Di tempat kedua, Tim Banda 1 dan ketiga Tim dari Negeri Haria yang merupakan incumbent atau juara bertahan pada event yang sama di Tahun 2018.

Sementara itu, untuk posisi Juara Harapan I diraih tim arumbae Negeri Ihamahu, Harapan kedua Tim Banda 2 dan Harapan Ketiga yakni Tim dari Negeri Rumahtiga, kota Ambon.

Lomba Arumbae Manggurebe pada ajang Festival Pesta Teluk Ambon 2019 ini diikuti enam peserta. Titik start dimulai dari Pantai Amahusu dan Finish di Pantai Lantamal, Halong, Ambon.

Ribuan warga Kota Ambon dan sekitarnya, menyaksikan lomba tahunan yang dilepas oleh Komandan Korem 151/ Binaya Kolonel Inf. Hartono pada pukul 8.45 WIT.

Sayangnya, Raja Banda, Fitra memprotes keputusan panitia yang memenangkan Tim Negeri Porto. "Kami meminta bukti rekaman visual dari panitia penyelenggara ternyata beralasan karena gelombang dan angin kencang sehingga crown tidak berfungsi dengan baik," ujarnya.

Dia memprihatinkan kinerja dari dari panitia penyelenggara Fetival Pesta Teluk Ambon yang terkesan kurang siap melaksanakan event dimaksud.  "Kalau panitia bekerja seperti ini, maka penyelenggaraan kedepan peserta semakin berkurang karena tidak adil dalam penilaian dan tidak siap melaksanakan event tersebut," kata Fitra.

Plt Kadis Pariwisata Maluku, Iwan Asikin, mengatakan, berdasarkan hasil rekaman vidio maupun lokasi finish darat, maka tim dari Portho yang finish duluan.

"Kami sebenarnya menempatkan juga lokasi finish di laut. namun, karena bergelombang sehingga tidak bisa dimanfaatkan. Apalagi, panitia seksi lomba telah menjelaskan, bila terjadi persaingan ketat saat finish, maka ditentukan dari lokasi di darat," katanya.

Iwan mengakui, dia memantau finish peserta juga dari kapal dan menyaksikan tim dari Portho yang lebih duluan finish dari Banda 1. "Jadi pemenangnya tetap tim dari Porto," tandas Iwan.

Penulis: Alex Sariwating
Editor:Redaksi
Photographer:John Soplanit

Baca Juga

error: Content is protected !!