Sekilas Info

HUT RI KE-74

PT Pertamina MOR VIII Peringati HUT RI Ke-74 Dengan Gelar Upacara Bendera di Bawah Laut

Abdul Fatah Peserta upacara bendera HUT Ke-74 Kemerdekaan Indonesia di bawah laut di kawasan objek wisata Pantai Jikomalamo Kota Ternate

satumalukuID - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII memperingati HUT RI ke-74 dengan menggelar upacara bendera di bawah laut di kawasan objek wisata Pantai Jikomalamo Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu.

Pada upacara di bawah laut yang sekaligus peresmian Pertamina Underwater Zone di Jikomalamo, Ternate itu, selain melibatkan unsur Pertamina, hadir juga komunitas peduli laut di Ternate serta kalangan pelaku usaha yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi (Hiswana) Malut.

Sales Marketing Executive V Pertamina Maluku Utara Hutamah Yoga Wisesa mengatakan zona bawah air itu dengan cara membuat replika SPBU bawah laut, menanam karang, memperkenalkan produk pertamina kepada masyarakat melalui dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat.
Apalagi, kata dia, SPBU bawah air belum ada di dunia dan hanya ada di perairan Jikomalamo Kota Ternate sebagai salah satu destinasi wisata andalan Maluku Utara.

"Indonesia timur terkenal dengan alam dan bawah laut yang memiliki spot terbaik, sehingga alasan dijadikan Jikomalamo menggelar upacara bawah laut yang cukup terkenal, sehingga Pertamina memiliki kewajiban untuk perkenalkan produk ke masyarakat melalui bawah air," katanya.

Oleh karena itu, kata Hutama, produk Pertamina dipromosikan di bawah air sebagai upaya menjaga terumbu karang

Dia menjelaskan Pertamina Underwater Zone merupakan spot foto bawah air, berupa replika SPBU di bawah air di Jikomalamo.

Program itu, katanya, untuk mengenalkan produk-produk unggulan Pertamina kepada wisatawan yang berkunjung ke Jikomalamo Ternate.

"Dengan dukungan dari semua pihak, program ini diharapkan memberikan manfaat dalam pelestarian ekosistem bawah laut yang juga memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan daerah sektor pariwisata di Malut," katanya.

Pada kesempatan itu, Pertamina turut menyerahkan pinjaman Program Kemitraan PT Pertamina (Persero) senilai Rp1 miliar kepada 22 UKM di Ternate dengan harapan UKM binaan Pertamina tersebut menjadi tangguh dan mandiri.

"Pinjaman tersebut merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya selain menyediakan energi bagi masyarakat dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah banyak berkontribusi, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan aman," ujarnya.

Sales Marketing Branch Manager PT Pertamina MOR VIII Doni Brilianto menambahkan upacara di bawah laut itu sekaligus peresmian Pertamina Underwater Zone di Jikomalamo di kawasan La-Cona Dive Pantai Jikomalamo salah satu upaya membantu pemprov mempromosikan kepariwisataan setempat.

Selain itu, katanya, mempromosikan produk Pertamina agar bisa familier dan program-program lainnya yang lebih menarik untuk daerah itu.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi
Photographer:Abdul Fatah

Baca Juga