Sekilas Info

HUT RI KE-74

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Indonesia Ke-74 Dipimpin oleh Gubernur Maluku

Jimmy Ayal Arsip: Gubernur Maluku, Murad Ismail (kedua kanan), istrinya Widya Pratiwi (kanan) dan Sekkot Ambon, Antony Latuheru (kedua kiri) memperlihatkan gambar karikatur keduanya saat mengunjungi "Djalan Baroe Creative Festival 2.0" di kawasan Jalan Baru, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Senin (12/8/2019) malam. karikatur Gubernur dan istrinya merupakan hasil karya generasi muda Jalan Baru.

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail untuk pertama kalinya menjadi Inspektur upacara dan memimpin peringatan Detik-Detik Proklamasi Indonesia Ke-74 tingkat Provinsi Maluku, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi tingkat Provinsi Maluku, dimulai tepat pukul 10.00 WIT ditandai dengan dentuman meriam serta sirine.

Bertindak selaku komandan upacara yakni mantan Komandan Batalyon Infantri (Danyonif) 734/Satria Nusa Samudra, Kodam Pattimura, Letkol Inf. Mario Kristian Noya.

Sedangkan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dipimpin inspektur upacara dan dilanjutkan dengan doa oleh Kakanwil kementerian Agama provinsi Maluku Fesal Musad

Pengibaran Bendera Merah-Putih dapat dilaksanakan dengan baik oleh oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan putra-putri terbaik Maluku yang berasal dari 11 kabupaten/kota, serta mendapat sambutan dari tamu dan undangan serta masyarakat yang menyaksikannya dari pinggiran lapangan Merdeka.

Hadir pada upacara tersebut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Kajati Maluku Triyono Haryanto, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarief hadler serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta pimpinan TNI/Polri.

Ratusan siswa-siswa SMP melakukan Aubade dengan menyanyikan sejumlah lagi perjuangan dengan diiringi instrumen Ajendam XVI/Pattimura diantaranya "Proklamasi Agustus 45" dan "Gandong".

Hotumese Choir Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon membawakan dua lagu yakni "Maluku Tanah Pusaka" dan "Pancasila Rumah Kita", sedangkan "Indonesia Pusaka" yang dinyanyikan oleh Geofani Kefa dan Enjelic Lokolo yang merupakan juara pertama putra-putri lomba nyanyi tunggal dalam rangka 100 hari Kerja Gubernur-Wagub Maluku.

Di akhir acara para peserta upacara serta warga yang menyaksikan jalannya upacara dikagetkan dengan kemunculan Gubernur Maluku, Murad Ismail dengan menyanyikan lagu "Maluku Tanah Pusaka" di bawah guyuran hujan lebat dengan "backing vokal" oleh Hotumese Choir Unpatti Ambon.

Ribuan warga yang menyaksikan penampilan Gubernur Murad di bawah guyuran hujan, langsung memberikan tepuk tangan meriah atas penampilan orang nomor satu di Maluku tersebut.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi kemudian ditutup dengan atraksi drumben "Pela-Gandong" yang memainkan beberapa lagu dan formasi. Drumben gabungan tersebut baru dibentuk Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Marga Taufiq pada 15 Juli 2019.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi
Photographer:Jimmy Ayal

Baca Juga