Sekilas Info

PILWAKO TERNATE 2020

Sejumlah Calon Walikota dan Wakilnya Menjalani Pemeriksaan Tes Urine

ANTSSRS/Abdul Fatah Sejumlah balon Walikota/Wakil Walikota akan berpartisipasi dalam pilkada Kota Ternate menjalani tes urine

satumalukuID - Sejumlah bakal calon (balon) Walikota/Wakil Walikota Ternate, Maluku Utara (Malut) menjalani pemeriksaan tes urine sebagai persyaratan pendaftaran partai dalam mengikuti Pilwako Ternate yang akan digelar tahun 2020 nanti.

"Hasil pemeriksaan urine oleh tim medis BNNP Malut, bakal calon petinggi kota Ternate ini dinyatakan negatif yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) yang ditandatangani Kepala BNNP Malut dan Dokter Klinik BNNP Malut," kata Kabid P2M BNNP Malut, Hairuddin Umaternate di Ternate, Jumat.

Menurut dia, selain balon Wali Kota Ternate, adapula dua bakal calon wakil walikota dimaksud yakni Hasbi Yusuf, SE berprofesi akademisi dan Firman Syah, SE, seorang wirausahawan ikut dalam tes urine.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Kamis, 15 Agustus 2019 Sekretaris, Kota (Sekot) Ternate, Dr M Tauhid Soleman juga melakukan tes urine untuk kepentingan pendaftaran partai sebagai bakal calon walikota Ternate bersama bakal calon walikota Ternate yang kini masih menjabat Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Tahir, SH menjalani tes urine untuk memenuhi persyaratannya mendaftar sebagai bakal calon wali kota ke sejumlah partai politik.

"Tes urine yang dilakukan ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar ke partai pengusung sebagai bakal calon Walikota/Wawali Ternate periode 2020-2025," kata Wawali Ternate, Abdullah Taher.

Dalam keterangannya saat tes urine, kehadirannya di BNNP Malut untuk tes urine karena sedang mendaftar ke partai yang telah membuka pendaftaran untuk bakal calon walikota Ternate.

"Ada sejumlah syarat dimintai partai salah satunya hasil tes urine dari BNN, sehingga bakal calon wali kota/wakil wali kota yang maju di pilkada bebas narkoba, " kata Abdullah.

Menurut dia, tes urine penting karena jangan nanti setelah partai mengeluarkan rekomendasi ternyata saat mendaftar di KPU calon sudah terinfeksi Narkoba.

Ketika ditanya jika terpilih, apa komitmennya terhadap pencegahan narkoba dan jika terpilih maka pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan BNN untuk membina generasi pemuda dan untuk ASN dan akan melaksanakan tes urine secara teratur bekerjasama dengan BNN Malut.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi
Photographer:Abdul Fatah

Baca Juga

error: Content is protected !!