Sekilas Info

PEMBANGUNAN DI KOTA TIDORE

Pemkot Ternate Dukung Rencana Pembangunan Jembatan Temadore

Abdul Fatah Suasana di Pulau Ternate-Maitara-Tidore yang akan dibangun jembatan Temadore

satumalukuID - Pemerintah kota (Pemkot)  Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan dukungannya atas rencana pembangunan jembatan Temadore yang menghubungkan Kota Ternate-Maitara dan Tidore untuk meningkatkan akselerasi dan konektivitas antar-wilayah di Maluku Utara.

Kepala Dinas PU dan PR Kota Ternate, Risval Budiyanto dihubungi di Ternate, Rabu, menyatakan, dukungannya terhadap rencana pembangunan jembatan Temadore yang menghubungkan tiga pulau di daerah ini, karena akan berdampak dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Pada dasarnya, Pemkot Ternate dalam posisi mendukung penuh rencana pembangunan jembatan Temadore, apalagi dapat membuka akses untuk menyambungkan tiga pulau yakni Ternate, Maitara dan Tidore," katanya.

Oleh karena itu, kata Risval, dengan adanya jembatan Temadore ini akan mendorong pemerataan pembangunan dan pengembangan sosial ekonomi masyarakat, terutama di Malut.

Selain itu, jembatan Temadore yang nampak di pecahan uang kertas Rp1000 ini nantinya akan menjadi ikon bagi pembangunan Malut.

Sementara itu, sejumlah warga di Kota Tidore mengharapkan jembatan Temadore (Ternate, Maitara dan Tidore) yang menghubungkan Kota Tidore, Pulau Maitara dan Pulau Ternate, bisa dipercepat sehingga tidak menjadi sekedar wacana.

Salah seorang warga Ternate, Sudirman menyatakan, rencana pembangunan jembatan Temadore yang sudah diusulkan masuk sebagai proyek strategis nasional itu dapat direalisasikan, karena akan memberi manfaat bagi masyarakat di Pulau Tidore, Maitara dan Ternate.

Selain itu, dalam percepatan pembangunan jembatan Temadore bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di tiga wilayah tersebut, karena mobilitas masyarakat, barang dan jasa akan semakin lancar dibanding saat ini menggunakan transportasi laut yang sering terganggu terutama saat cuaca ekstrim, sehingga warga enggan untuk beraktivitas.

Masyarakat Tidore dan Maitara dalam memasarkan produk pertanian atau perikanan ke Ternate tidak lagi harus mengeluarkan biaya penyeberangan yang cukup mahal, sehingga bisa menekan harganya jualnya kepada konsumen di Ternate.

Menurut catatan, jarak Pulau Ternate dengan Maitara sekitar 1 kilometer, sedangkan dari Pulau Maitara ke Tidore Kepulauan sekitar 300 meter, sehingga secara teknis pembangunan jembatan untuk menghubungkan ke tiga pulau itu tidak terlalu sulit.

Penulis: Abdul Fatah
Editor:Redaksi
Photographer:Abdul Fatah

Baca Juga