Sekilas Info

HARI RAYA IDUL ADHA

Kapolda Maluku Ingatkan Berkurban adalah Wujud Keikhlasan dan Kesabaran Bagi Manusia

Daniel Leonard Pembagian hewan kurban di Polda Maluku dalam rangka hari raya Idul Adha.

satumalukuID – Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa mengatakan Idul Adha merupakan lebaran yang mengajarkan manusia khususnya umat Islam untuk harus ikhlas berqurban, sebagaimana yang ditunjukan Nabi Ibrahim A.S dan anaknya Nabi Ismail A.S.

"Lebaran Idul Adha atau lebaran Idul Qurban, memberikan makna yang luar biasa bagi setiap manusia, untuk ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala persoalan kehidupan termasuk kita sebagai anggota kepolisian," kata Kapolda, saat mengawali kegiatan penyembelihan hewan kurban, Minggu (11/8/2019).

Ia mengajak seluruh personil untuk mengimplementasikan makna berkurban di lebaran Idul Adha kedalam tugas keseharian Polri.

"Mari wujudkan nilai-nilai qurban ke dalam pelaksanaan tugas kita sebagai seorang anggota Polri seperti yang ada di dalam catur prasetya, dan tribrata Polri," ajak Kapolda.

Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, mengkurbankan puluhan ekor hewan di hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Pemotongan puluhan hewan kurban itu berlangsung di lingkungan Masjid At Taqwa asrama Polda, usai pelaksanaan sholat Ied, Minggu (11/8).

Ketua Panitia Kurban Polda Maluku, AKBP Sigit Nurohmat Hidayat mengungkapkan, puluhan ekor hewan yang diqurbankan ini, merupakan sumbangan dari Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan Kapolda Maluku.

"Total hewan yang kita qurbankan 32 ekor terdiri dari sapi 22 ekor dan kambing 10 ekor. Untuk 22 ekor sapi itu merupakan sumbangan dari pak gubernur, Kapolda, Wakapolda, sejumlah pejabat utama dan Kapolres jajaran, sementara10 kambing juga sumbangan dari personil dan hamba Allah yang tidak mau namanya disebutkan, " jelas Sigit yang juga menjabat sebagai Wadir Polair Polda Maluku.

Menurutnya, daging dari puluhan hewan disumbangkan kepada para fakir miskin dan kaum dhuafa yang ada di kota Ambon di 20 titik.

"Selesai pemotongan langsung kita berikan kepada mereka (kaum dhuafa dan fakir miskin), yang berhak dapat sesuai dengan data yang telah ada di tangan panitia qurban Polda Maluku,"ujarnya.

Sebelum pelaksanaan pemotongan puluhan hewan kurban, dilaksanakan sholat Idul Adha di mesjid At Taqwa, asrama polisi Polda, yang dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs Teguh Sarwono, Irwasda Maluku para pejabat utama Polda Maluku, pengurus Bhayangkari Daerah, dan masyarakat sekitar.

Bertindak sebagai Khotib adalah ustad Abdul Karim Tawaulu dan yang menjadi imam AKP (purn) Mahmud Rumakat.

Penulis: Welly Nussy
Editor:Redaksi

Baca Juga