Sekilas Info

HARI RAYA IDUL ADHA

Pemkot Ambon Sumbang 60 Hewan Kurban Idul Adha 1440 Hijriah

satumalukuID - Pemerintah kota (Pemkot) Ambon menyumbangkan sebanyak 60 hewan kurban berupa sapi dan kambing kepada pimpinan sejumlah masjid dan pondok pesantren yang ada di daerah ini untuk dijadikan hewan kurban saat perayaan Idul Adha 1440 Hijriah.

Bantuan Pemkot Ambon yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, kepada Imam Besar Masjid Raya Alfatah Ambon, R.R Hasanussi, di halaman masjid terbesar di Maluku itu, Sabtu.

Hewan kurban yang diserahkan masing-masing 30 ekor sapi dan kambing. Khusus untuk Masjid Alfatah, diserahkan satu ekor sapi seberat lebih dari 800 kilogram.

Anthony mengatakan, bantuan hewan kurban yang diserahkan tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial pemerinta kepada masyarakat saat hari besar keagamaan.

"Masjid Raya Alfatah merupakan salah satu yang mendapat bantuan hewan kurban yang akan dipotong untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan dan berhak menerimanya," katanya.

Anthony mengaku harus mendatangani beberapa pimpinan masjid untuk menyerahkan hewan kurban selain masjid Raya Alfatah, diantaranya masjid An-Nur Desa Batu Merah dan Aster, Kecamatan Sirimau dan Ponogoro, Kecamatan Nusaniwe.

Selain mendatangi beberapa masjid, penyerahan hewan kurban dari Pemkot Ambon secara serentak dipusatkan di Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau.

Tidak semua masjid di Kota Ambon memperoleh bantuan hewan korban dari pemkot Ambon, tetapi diberikan kepada pimpinan masjid dan perwakilan warga yang telah mengajukan permintaan atau proposal.

"Jadi bantuan hewan kurban diberikan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan warga maupun pengurus masjid. bantuan ini bukan untuk cari nama tetapi bentuk tanggung jawab sosial Pemkot kepada masyarakat," katanya.

Dia berharap, perayaan Idul Adha tahun ini dapat dimaknai untuk membangun semangat persaudaraan serta meningkatkan semangat berkurban antarsesama umat beragama.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi

Baca Juga