Sekilas Info

HARI RAYA IDUL ADHA

Gubernur Maluku Serahkan Sapi Kurban Bantuan Presiden Jokowi di Masjid Alfatah Ambon

ANTARA Foto/Jimmy Ayal Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo kepada Imam Besar Masjid Alfatah Ambon, R.R hasanussi, Sabtu (10/8).

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail menyerahkan sapi sumbangan Presiden Joko Widodo untuk kurban Idul Adha 1440 Hijriah, kepada pimpinan Masjid Raya Alfatah Ambon, Sabtu.

Sapi jenis "Ongole" seberat 850 kilogram tersebut diserahkan Gubernur Murad bersamaan dengan sapi miliknya seberat 800 Kg kepada Imam besar Masjid Raya Alfatah, R.R. Hasanussi, di pelataran masjid terbesar di Maluku tersebut.

Gubernur didampingi Wakil Gubernur Barnabas Orno dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Maluku, menyatakan, berkurban tidak hanya semata dengan kegiatan formal seperti penyerahan hewan kurban.

"Terpenting esensi dari berkurban adalah memberi, berbagi dan meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," katanya.

Ia mengingatkan, dalam kehidupan setiap orang dituntut berbuat kebaikan dan mau berkurban, karena dengan memberi maka akan selalu dilimpahkan rezeki.

Dia juga meminta semua umat beragama dapat mengambil hikmah perayaan hari Raya Kurban dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita ambil hikmah dari kegiatan berkurban. Ibadah kurban bagi saya, intinya memberi dan berbagi. Kalau tanpa keinginan yang ikhlas dan tulus, maka kita tidak akan mendapat pahala dan ibadahnya," ujarnya.

Kepala Biro Kesra Poppy Bachmid mengatakan, semua hewan kurban bantuan Presiden dan pemprov Maluku telah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan dan dikeluarkan surat kesehatan hewan sehingga aman untuk dikonsumsi.

"Bahkan untuk sapi kurban Presiden Jokowi ditangani langsung oleh staf Kepresidenan yang turun langsung ke lokasi penampungan di Pulau Buru untuk melihat dan menentukannya, termasuk memeriksa kesehatan hewannya," katanya.

Sapi yang disumbangkan Presiden Jokowi dan Gubernur Maluku merupakan hasil program pengembangan Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) yang bertujuan mengakselerasi percepatan pemenuhan populasi sapi potong.

Program Siwab mencakup dua program utama yaitu Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka).

Poppy menambahkan, perayaan Idul Adha tahun ini Pemprov Maluku menyumbangkan 32 ekor sapi dan 48 ekor kambing di sejumlah masjid di Kota Ambon.

Penulis: Jimmy Ayal
Editor:Redaksi
Photographer:Jimmy Ayal

Baca Juga