Sekilas Info

KINERJA DPRD

DPRD Maluku Periode 2014 – 2019 Selesaikan 32 Perda Usulan Pemprov dan 24 Perda Usul Inisiatif

Daniel Leonard Plh Sekretaris DPRD Maluku, Bodewyn Wattimena menjelaskan jumlah produk peraturan daerah maupun rekomendasi yang telah dihasilkan 45 anggota DPRD Maluku periode 2014-2019 yang dalam waktu dekat akan mengakhiri masa tugas mereka., Jumat (9/8).

satumalukuID  - Plh Sekretaris DPRD Maluku, Bodewyn Wattimena memaparkan kinerja 45 anggota DPRD Maluku periode 2014-2019 yang akan mengakhiri masa tugas mereka.

"Yang sudah diselesaikan sejak lima tahun menjabat sebagai anggota DPRD Maluku adalah menghasilkan peraturan daerah usul inisiatif pemda sebanyak 32 buah dan usulan inisiatif DPRD 24 perda," katanya di Ambon, Jumat (9/8/2019).

Dalam periode 2014-2019, DPRD juga menghasilkan 114 keputusan dewan 25 buah keputusan pimpinan DPRD, nota kesepakatan bersama pimpinan legislatif dengan pemprov yang dituangkan dalam berita acara ada 19 buah, ditambah 16 surat rekomendasi bersama pimpinan dewan dengan pemprov.

"Hal ini penting kami sampaikan agar tidak ada perbedaan data dan masyarakat juga tahu bahwa dalam periode 2014-2019, ada begitu banyak hal yang telah dihasilkan oleh DPRD yang mungkin saja selama ini tidak terpublikasi lalu masyarakat mempertanyakan apa saja kerja DPRD selama ini," tandasnya.

Mudah-mudahan dengan informasi ini maka masyarakat juga bisa melihat apa dan bagaimana kerja legislatif.

Khusus untuk tahun 2019 juga telah ditetapkan program pembentukan peraturan daerah yaitu berisikan sejumlah raperda yang diusulkan pemerintah daerah dan DPRD melalui usul inisiatif.

Jadi ada sembilan raperda dari pemda dan empat lainnya dari DPRD dan saat ini yang dari pemda sementara dalam tahap penyusunan dan yang merupakan usul inisatif DPRD sudah dilakukan uji publik.

Menurut dia, bila tidak bisa dibahas dalam waktu yang semakin sempit ini maka bakal dilanjutkan oleh anggota DPRD perode lima tahun mendatang yang akan dilantik 16 September 2019.

Pimpinan dan anggota DPRD dilantik pada 16 September 2014 dan masa jabatan mereka akan berakhir tahun ini, jadi setelah KPU melakukan penetapan calon anggota DPRD terpilih baru dilakukan proses pengesahan pengangkatan.

"Saya baru saja berkoordinasi dengan KPUD provinsi bahwa setelah menetapkan daftar anggota DPRD terpilih, maka tiga sampai empat hari kemudian merupakan batas waktu menyampaikan bukti tanda terima LHKPN oleh KPK," ujar Bodewyn.

Bagi anggota DPRD yang aktif akan disampaikan secara kolektif, sementara bagi calon anggota DPRD lain yang bukan aktif saat ini nanti dimasukan secara pribadi nanti mereka masukan sebagai persyaratan untuk diusulkan pengesahan pangkat.

Kalau untuk anggota DPRD aktif saat ini, semuanya sudah memasukan laporan hasil kekayaan mereka.

DPRD juga pernah mengusulkan pansus PT. Bank Maluku-Maluku Utara dan hasil kerja pansus dituangkan dalam bentuk rekomendasi yang diputuskan secara kelembagaan oleh DPRD dan diserahkan kepada pihak terkait.

"Jadi selama lima tahun ini DPRD mengeluarkan 16 rekomendasi baik menyangkut rekomendasi sesuai pansus-pansus yang dibentuk maupun rekomendasi terhadap LKPJ gubernur," katanya.

Penulis: Daniel Leonard
Editor:Redaksi

Baca Juga