Sekilas Info

EVENT SIDAYR 2019

Seluruh Peserta Lomba Layar Darwin – Ambon Disambut Pemerintah Kota Ambon di Pantai Amahusu

John Soplanit Wawali Ambon Syarif Hadler menyambut para peserta SIDAYR 2019 di Amahusu, Ambon, Kamis.(8/8/2019)

satumalukuID - Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon Syarif  Hadler mengalungkan syal bagi seluruh skipper peserta Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2019 di halaman hotel Tirta Kencana, kawasan yang dekat dengan lokasi finis di pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kamis (8/8/2019).

Acara penyambutan itu disaksikan oleh warga kota Ambon dan seluruh peserta  serta Ketua Komite SIDAYR Dinnah Beach Joy Eggenhuizen dari Australia.

Syarif  mengatakan dirinya atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon menyambut baik kehadiran para peserta yang telah menyelesaikan lomba dan finis dengan selamat di pantai Negeri Amahusu, setelah dilepas dari pelabuhan Darwin pada 3 Agustus 2019.

Perahu layar Antipodes merupakan peserta pertama yang masuk garis finis pada Senin, tanggal 6 Agustus 2019, pukul 19,45 WIT.

Syarif mengatakan Darwin-Ambon Yacht Race (DAYR) diprakarsai Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (cyant) sejak 1976.

Penyelenggaraan lomba layar kali ini terasa spesial karena menandai jalinan kerja sama kota kembar Darwin-Ambon, meskipun sesungguhnya kegiatan Darwin-Ambon yang dilaksanakan sejak tahun 1976 itu sempat terhenti akibat kondisi keamanan yang tidak memungkinkan untuk lomba.

"Kemudian atas semangat dan dorongan yang kuat dari pemerintah kota Ambon dan masyarakat, kemudian sektor pariwisata dan didorong oleh pemerintah kota Darwin, maka kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun 2007 sampai saat ini," ujarnya.

Diharapkan kegiatan lomba itu dapat terus ditingkatkan dan pesertanya bertambah pada masa mendatang

"Kita perlu mengevaluasi secara menyeluruh, oleh karena peserta lomba dari tahun ke tahun terus menurun dan tahun ini tinggal 10 perahu layar saja," katanya.

Syarif mengharapkan permasalahan ini dapat ditanggulangi oleh Pemerintah Kota Ambon dan Dinnah Beach.

Sesuai jadwal acara penyambutan peserta lomba layar ini akan disuguhkan dengan beberapa kegiatan yang dimulai dari acara penyambutan secara adat dan budaya kota ambon di pantai wisata Negeri Amahusu, kemudian hari besok, Jumat tanggal 9 Agustus dilanjutkan dengan lomba manggurebe perahu semang, tarik tambang, tarumpa, malam hiburan musik yang diharapkan dapat diikuti oleh seluruh peserta lomba di samping kegiatan lomba melukis di tingkat sekolah dasar, dan juga ukulele kids yang berasal yang dimainkan oleh anak-anak dari negeri Amahusu.

Ketua Komite SIDAYR Dinnah Beach Joy Eggenhuizen saat memberikan sambutan mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon, warga Kota Ambon, seluruh peserta dan undangan lainnya yang sudah menerima para peserta lomba layar ini.

"Saya yakin setiap tahun ada perkembangan terus, makanya saya dan seluruh skipper dan kru di Dinnah Beach terus berkomitmen untuk race ini tetap berjalan di tahun -tahun ke depannya," ujarnya.

Joy menambahkan, perlu juga sudah mulai berdiskusi untuk bagaimana caranya akan banyak kapal lagi untuk berpartisipasi dan mencari waktu untuk berdiskusi dengan pemerintah kota.

Penulis: Penina Fiolana Mayaut
Editor:Redaksi
Photographer:John Soplanit

Baca Juga