Sekilas Info

SIDAYR 2019

11 Peserta Perahu Layar Darwin-Ambon Dilepas dari Australia, Senin Tiba di Pantai Amahusu

Walikota Ambon Richard Louhenapessy meninjau persiapan penyambutan peserta perahu layar Darwin - Ambon di Pantai Amahusu, Jumat (2/8/2019).

satumalukuID - Sebanyak 11 peserta Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2019 dilepas dari Pelabuhan Darwin Australia Utara, Sabtu.

"Sesuai jadwal hari ini dilakukan pelepasan peserta SIDAYR dari Pelabuhan Darwin oleh Wali Kota Darwin The Hon. Kon Vatskalis JP bersama Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, Sabtu.

Ia mengatakan, 11 perahu layar tiang tinggi dengan 72 crew yang dilepas diantaranya, Antipodes, Anastasia, Colie, Cockatoo, Finally, Our Philosophy dan Pandora, Pseudorca, Vitamin B, Wallop serta Liquidity II.

"Setelah dilepas sesuai perkiraan peserta akan tiba Pantai Amahusu, kecamatan Nusaniwe,  Kota Ambon pada 5-6 Agustus 2019," katanya.

Peserta termuda dalam lomba kali ini berusia 16 tahun dan peserta tertua berumur 82 tahun atas nama Rick Setter. "Rick Setter merupakan Ketua Komite Sister City serta anggota parliament (DPRD) Darwin , yang kali ini menjadi peserta lomba perahu layar," ujar Rico.

Penyelengaraan SIDAYR 2019 berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan 30 tahun kerja sama kota kembar (sister city) Darwin - Ambon.

Pelaksanaan Ambon Night yang sebelumnya dilaksanakan di Konsulat Darwin akan dialihkan ke komite SIDAYR Dinnah Beach, dengan konsep acara "Ambon Night" yang juga dihadiri Wali Kota Darwin.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Baca Juga

error: Content is protected !!