Sekilas Info

RSUD DR HAULUSSY AMBON

Ritha Tahitu Ditunjuk Jadi Pelaksana Tugas Direktur RSUD Dr Haulussy Ambon

satumalukuID - Janji Gubernur Maluku untuk membenahi rumah sakit terbesar di Maluku, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haulussy  yang terletak di kawasan Kudamati Ambon mulai dilaksanakan.

Hal ini terbukti dengan telah ditunjuknya Dr Ritha Tahitu M.Kes sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD dr Haulussy menggantikan dr Yustini Pawa. Sedangkan Yustini Pawa dimutasikan sebagai Kepala Biro Ekonomi Investasi dan Pembangunan Setda Pemprov Maluku.

"Iya benar. Saya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Direktur RSUD Haulussy.‎ Dijadwalkan pekan depan serahterima jabatannya," ungkap Ritha Tahitu yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran UKI Jakarta ini, Kamis (25/7).

Saat ini Ritha Tahitu masih menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Maluku serta juga masih menjadi Pelaksana Tugas Kepala Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Maluku.

Saat diminta komentarnya untuk program pembenahan manajemen dan pelayanan RSUD Haulussy yang disorot masyarakat, ia menolak memberikan komentarnya karena masih menunggu pelaksanaan serah terima jabatan dulu.

"Saya bersyukur mendapat kepercayaan tugas ini. Namun untuk komentar ya nanti sajalah setelah serahterima. Sebab ini tugas pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat kompleks. Karena itu saya minta dukungan semua pihak untuk sama-sama memajukan RSUD ini," jelas Ritha Tahitu yang merupakan anak dari mantan Kakanwil Kehutanan Maluku, almarhum Minggus Tahitu.

Seperti diberitakan sebelumnya, RSUD Haulussy Ambon sempat menjadi pemberitaan hangat di media massa maupun media sosial karena pelayanan asuransi kesehatan dihentikan oleh BPJS untuk sementara waktu. Hal itu terjadi akibat pihak manajemen rumah sakit tersebut terlambat mengurus Akreditasi yang telah habis masa waktunya sebagai salah satu syarat kerjasama pelayanan asuransi dengan pihak BPJS.

Namun situasi dan kondisi tersebut segera ditangani Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wagub Barnabas Orno, yang langsung melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Haulussy dan berkordinasi dengan BPJS untuk melanjutkan pelayanan asuransi kesehatan. (SM-05)

Penulis: SM-05
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!